Kamis, 9 September 2021, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta bekerjasama dengan Djarum Foundation dan Kompas.id menyelenggarakan Webinar Literasi Digital bertajuk “Banjir Informasi & Tantangan Menghadapi HOAX/Fake News”. Webinar ini dimulai pada pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB. Webinar Literasi Digital diikuti oleh Pimpinan ISI Yogyakarta, 75 dosen penerima subcriptions, Darling Squad di lingkungan ISI Yogyakarta, Pimpinan Kompas.id dan Jajaran Management Djarum Foundation.

Saat ini informasi dapat diproduksi dan didistribusikan dengan cepat. Eksistensi produk-produk teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan masyarakat memproduksi informasi dan mendistribusikan informasi dengan cepat. Kondisi ini mendorong terjadi banjir informasi. Permasalahan yang muncul adalah masyarakat harus lebih selektif dalam memilih informasi. Banjir informasi menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat dalam menghadpi hoax atau fake news. Untuk memberikan kompetensi bagaimana menghapadi hoax dan fake news maka diselenggarakanlah Webinar Literasi Digital ini bagi dosen-dosen di lingkungan ISI Yogyakarta. Webinar ini diselenggarakan bentuk kepedulian Djarum Foundation untuk mewujudkan Jurnalisme Berkualitas bersama Kompas.id di 17 Perguruan Tinggi dari Sabang sampai Merauke. ISI Yogyakarta merupakan salah satu dari 17 perguruan tinggi tersebut.

Acara webinar ini terdiri dari pembukaan dan penyampaian materi oleh berbagai narasumber. Acara pembukaan terdiri dari sambutan yang disampaikan oleh Ibu Mutiara Diah Asmara (Direktur Komunikasi Djarum Foundation), Sdr. Sutta Dharmasaputra (Pemimpin Redaksi Harian Kompas – Kompas.id) dan diakhiri sambutan Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. (Rektor ISI Yogyakarta). Materi webinar akan disampaikan oleh Saudara Dikdik (Manajer Digital Marketing Kompas.id), Saudari Tania Arbi (Djarum Foundation), Saudara Haryo Damardono ( Wakil Redaktur Pelaksana Kompas id), Saudari Septa Inigopatria (Manajer Product Development Kompas id) dan Saudari Ratna (Manajer Data Sciences Kompas id). Bersamaan dengan pelaksanaan webinar Literasi Digital juga dilaksanakan penyerahan secara simbolik kepada  125 subscribers Kompas.id dari Direktur Djarum Foundation kepada Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M.  Agus Burhan, M.Hum.

Pelaksanaan webinar