UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Selenggarakan Seminar E-Resources Dan Trend Teknologi Era 5.0

Teknologi telah berkembang dengan pesat. Perkembangan ini memberikan dampak terhadap semua bidang kehidupan, tidak terkecuali perpustakaan. lembaga publik yang memberikan layanan informasi kepada masyarakat perlu melakukan penyesuaian karena perkembangan teknologi memberikan peluang informasi diproduksi dan didistribusikan secara cepat. Perkembangan teknologi juga memberikan peluang perpustakaan menyajikan informasi dengan cepat dan berkualitas kepada masyarakat.

Perkembangan teknologi menyebabkan informasi tidak hanya dikemas melalui media tercetak seperti buku, jurnal, surat kabar dan format media cetak lainnya. Perpustakaan mulai mengakuisisi, kemudian mengorganisasi dan mendesiminasikan e-resources kepada pemustaka. Perkembangan teknologi di era society 5.0 juga akan membuat karakter pemustaka dan pola pengelolaan informasi berubah. Masyarakat di era society 5.0 menuntut informasi dapat diakses secara cepat dengan memanfaatkan produk-produk mobile technology yang dimiliki.

Melihat pentingnya e-resource bagi pemustaka dan perkembangan teknologi Era 5.0 yang akan berpengaruh terhadap pengelolaan perpustakaan maka UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta tergerak untuk menyelenggarakan seminar nasional dengan topik tersebut. Melalui seminar ini UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta terharap memperoleh gambaran tentang urgensi e-resources bagi pemustaka dan dampak teknologi teknologi era 5.0 bagi pengelolaan perpustakaan. Seminar nasional dengan topik “E-Resources dan Trend Teknologi Era 5.0” rencananya akan dilaksanakan pada pada 21 Oktober 2021 secara daring, pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB . Dalam seminar ini akan dihadirkan dua narasumber Agus Rifai, S.Ag., S.S., M.Ag., Ph.D. (Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Dan Sains Informasi, Universitas YARSI Jakarta) dan Mukhammad Andri Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D. (Dosen dan Chief Information Officer Universitas Islam Indonesia Yogyakarta). Acara seminar akan dipandu oleh salah seorang pustakawan ahli muda ISI Yogyakarta, F.L. Agung Hartono, S.Sos.

Seminar nasional ini terbuka bagi masyarakat umum dengan tautan pendaftaran bit.ly/daftarwebinarisi21. Zoom Meet ID  dan passcode seminar nasiolan ini adalah  “813 4193 1685” dan “semnas_ISI”. Informasi lebih lanjuta terkait seminar nasional “E-Resources dan Trend Teknologi Era 5.0” dapat menghubungi narahubung Iyut Nurcahyadi (https://wa.me/628988494946) dan Sri Endarti (https://wa.me/6289606967323).



Tinggalkan Balasan