Summer Course Program ISI Yogyakarta – Chatham University – Miami Dade College US

Dari tanggal 6 – 9 Mei 2012 ISI Yogyakarta, khususnya Fakultas Seni Rupa, program studi Kriya Seni dan Desain Interior, menerima kunjungan Delegasi dari Amerika Serikat yaitu mahasiswa dan professor dari Chatham University, Pittsburgh dan Miami Dade College, Florida sebanyak 25 orang untuk melakukan program khusus musim panas (Summer Course Program). Program khusus tersebut juga merupakan implementasi dari program USIPP (US – Indonesia Partnership Program) dimana ISI Yogyakarta merupakan satu-satunya Institut Seni di Indonesia yang  terlibat di dalamnya.

Delegasi AS diterima langsung oleh Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. A.M. Hermien Kusmayati (Minggu, 6/5/2012) beserta seluruh pimpinan ISI pada acara Welcome Party dan Reception di Concert Hall, ISI Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut Rektor ISI memperkenalkan seluruh staf  beliau pada delegasi AS, begitu juga sebaliknya. Ditampilkan juga performing arts life seperti tari Saman, Ethno Music dan Tari Lengger persembahan mahasiswa seni tari dan etnomusikologi, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

Selama kunjungan tersebut, rombongan mengunjungi kawasan bersejarah seperti candi Prambanan, Borobudur, Kotagede, Musium dan Gallery Seni Kartika Affandi dan Kraton Yogyakarta sebagai bagian dari mata kuliah program studi Desain Interior. Ada juga lecture tentang arsitektur yang diberikan oleh kedua professor dari Chatham University dan Miami Dade College, yaitu Dr. Gregory Galdford dan Dr. Lyle Culver. Sedangkan dari Desain Interior diwakili oleh Dr. Sumartono. Dari program studi Kriya Seni, para mahasiswa dan professor tersebur mengikuti kelas Ornamen, Arsitektur Tradisional Sumatra serta praktek Batik. Pada kelas ornamen, yang diberikan oleh Dr. Yulriawan Dafri, mereka juga membuat ornamen tradisional Indonesia pada kertas untuk kemudian diberi frame, sehingga karya ornamen tersebut dapat dijadikan sebuah tanda mata. Untuk praktek batik, yang dibimbing langsung oleh Dra. Djandjang, M.Hum, mahasiswa membuat syal batik yang langsung jadi dan mereka bawa pulang. Teknik yang digunakan ada dua macam yaitu teknik cap dan canting.

Delegasi mahasiswa dan professor dari Chatham University dan Miami Dade College menyatakan sangat puas dengan program yang mereka laksanakan di ISI Yogyakarta. Sebagian dari mereka menyatakan ketertarikannya untuk melakukan short course di ISI Yogya selama kurang lebih dua bulan untuk tahun depan dengan interest yang beragam, seperti Batik, Taditional Dance dan Theater.

 Foto – foto kegiatan ini

Share Button