ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi seni program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

I. PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA (S1)

Pendidikan Program S1 di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan insan-insan akademik dan praktisi yang kreatif, produktif, sebagai seniman Indonesia yang mendunia, yaitu sarjana yang memiliki kematangan jiwa dan kepribadian serta tanggap terhadap segala bentuk aspirasi masyarakat dan perkembangan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara.

II. PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA TERAPAN (D4) DAN AHLI MADYA (D3)

Pendidikan Program Sarjana Terapan (D4) dan Program Ahli Madya (D3) di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan tenaga ahli terdidik yang siap dan matang dalam menerapkan keahlian sesuai bidang studi yang ditekuni serta mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.

III. JALUR MANDIRI

Merupakan seleksi terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK sederajat dan dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Yogyakarta, melalui jalur:

A. MANDIRI Program Diploma dan Sarjana

Seleksi Jalur Mandiri Program Diploma dan Sarjana dilaksanakan untuk semua Program Studi D3, D4, dan S1.

B. PENDIDIKAN LANJUTAN

Program ini diselenggarakan khusus guna memberi kesempatan bagi Lulusan Program Diploma D3 pada Program Studi sejenis/linier untuk studi lanjut di ISI Yogyakarta dengan syarat:

  • Melampirkan fotokopi Ijazah D3 dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Melampirkan fotokopi SK Akreditasi Program Studi asal
  • Program Studi yang ditawarkan: Kriya, Fotografi, Film dan Televisi

IV. PROSEDUR PENDAFTARAN

A. KETENTUAN UMUM

Pendaftaran dilakukan secara online. Panduan pembayaran biaya seleksi dan tata cara pendaftaran dapat diunduh pada laman https://pmb.isi.ac.id  (kolom informasi)

Pelaksanaan seleksi dilaksanakan secara online dengan cara mengunggah karya/portofolio melalui laman yang ditentukan. Instruksi kerja penyusunan portofolio, template portofolio, surat pernyataan peserta, dan panduan unggah portofolio dapat diunduh pada laman https://pmb.isi.ac.id  (kolom informasi)

B. PERSYARATAN UMUM DAN PERSYARATAN KESEHATAN

1. PERSYARATAN UMUM

  • Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA/Paket C yang dibuktikan dengan ljazah/STTB dan SKHUN (khusus lulusan 2020 dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah)
  • Pendaftar yang pernah tercatat sebagai mahasiswa di ISI Yogyakarta harus melaporkan secara tertulis kepada panitia

2. PERSYARATAN KESEHATAN

Peserta diwajibkan memiliki syarat kesehatan sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sebagaimana berikut:

  • Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru, THT, tidak cacat fisik, gagu, gagap yang dapat mengganggu proses studi, dan khusus untuk Program Studi Tari, Teater, Pendidikan Seni Pertunjukan, Pedalangan disyaratkan tidak buta warna yang dibuktikan dengan surat dokter
  • Fakultas Seni Rupa : Peserta Tidak Buta Warna dibuktikan surat dokter, Sehat jasmani-rohani, tidak cacat fisik, gagu dan gagap yang dapat mengganggu proses studi dibutikan dengan surat dokter
  • Fakultas Seni Media Rekam: Peserta sehat jasmani-rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran dalam proses pembelajaran, yang dibuktikan dengan surat dokter

3. WAKTU PENDAFTARAN

18 Juni s.d 29 Juli 2020

V. PELAKSANAAN SELEKSI

Pelaksanaan seleksi dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Seleksi online dilaksanakan dengan cara mengunggah karya/portofolio.
  2. Jadwal Pelaksanaan unggah karya/portofolio tanggal 15 s.d. 30 Juli 2020 melalui laman http://portofoliopmb.isi.ac.id/
  3. Instruksi kerja Pengunggahan Karya/Portofolio dapat dilihat di laman http://portofoliopmb.isi.ac.id/ setelah login

VI. PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI

Hasil Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Jalur Mandiri Program Diploma Tahun Akademik 2020/2021 akan diumumkan di laman http://isi.ac.id atau http://pmb.isi.ac.id pada kolom Pengumuman pada tanggal 25 Agustus 2020 (Keputusan hasil ujian seleksi tidak dapat diganggu gugat)

VII. SUMBANGAN PENGEMBANGAN INSTITUSI

Mahasiswa yang diterima melalui jalur ini diwajibkan untuk membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp 3.000.000,- s.d. Rp 7.000.000,- dibayarkan saat registrasi mahasiswa baru.