Panitia PMB ISI Yogyakarta membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Gelombang II Tahun Akademik 2014/2015, dengan ketentuan sebagai berikut:

(Untuk lebih lengkapnya, silahkan unduh [Download not found])

A. SISTEM SELEKSI

1. JALUR REGULER/UMUM, terbuka bagi lulusan SMA/SMK sederajat dengan melalui tes ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru

2. JALUR KHUSUS, meliputi: Pendidikan Lanjutan, dengan memberi kesempatan bagi Lulusan D3 Program Studi sejenis untuk studi lanjut di Program Studi:

  • Seni Tari, Karawitan, Musik, Teater, Etnomusikologi, dan Pedalangan (Fakultas Seni Pertunjukan)
  • Kriya Seni (Fakultas Seni Rupa)
  • Fotografi dan Televisi (Fakultas Seni Media Rekam)
  • Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri tanda bukti pendaftaran (kartu tanda peserta tes) yang telah dicetak.
  • Melampirkan fotocopy Ijazah D3/setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Melampirkan surat keterangan Akreditasi Perguruan Tinggi asal
  • Mengikuti wawancara dan placement tes sesuai program studi yang dipilih

3. PROGRAM NON REGULER, merupakan kelas khusus (Pararel) dari kelas reguler yang telah ada dan khusus dibuka untuk Program Studi:

  • Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior (Fakultas Seni Rupa)
  • Fotografi dan Televisi (Fakultas Seni Media Rekam)

 

B. PENDAFTARAN ONLINE

Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar secara online di laman http://pmb.isi.ac.id sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dengan mengisi data pada form pendaftaran yang tersedia.

(Sebelum mendaftar, unduh dan pelajari terlebih dahulu Panduan Seleksi PMB Gelombang II Tahun 2014 di kolom Informasi laman tersebut)

Kemudian persiapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang dipersyaratkan, antara lain :

  1. Data Identitas Diri (KTP/KK/SIM/Kartu Pelajar)
  2. Data Ijazah dan Nilai Ujian Nasional/SKHUN
  3. Data Sekolah Asal
  4. Scan pasfoto terbaru dengan Rasio Foto : 4 x 6, atau max resolusi 300px x 450px (background warna merah), dengan ukuran file maksimal : 200kb, Tipe file : jpg, jpeg, atau png

Catatan :

  • Pendaftar hanya bisa memilih 1 (satu) program studi untuk 1 (satu) jalur seleksi.
  • Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan terlebih dahulu pilihan sistem/jalur seleksi dan pilihan program studinya dikarenakan:

(Kesalahan dalam pengisian formulir pendaftaran online menjadi tanggungjawab pendaftar, data yang sudah disimpan tidak dapat diubah)

 

C. WAKTU PENDAFTARAN DAN PENYERAHAN BERKAS VERIFIKASI

  1. JALUR KHUSUS                  : 30 Juni s.d 11 Juli 2014 Pukul 09.00 s.d 14.00 WIB
  1. JALUR REGULER                : 30 Juni s.d 11 Juli 2014 Pukul 09.00 s.d 14.00 WIB
  2. JALUR NON REGUKER       : 30 Juni s.d 11 Juli 2014 Pukul 09.00 s.d 14.00 WIB

 

D. CETAK KARTU TANDA PESERTA TES DAN BIODATA

Setelah mengisi form pendaftaran kemudian Simpan isian data tersebut dan Cetak Kartu Tanda Peserta Tes Ujian dan Biodata sebanyak 2 (dua) lembar pada kertas ukuran A4 kuarto (diharapkan cetak berwarna).

(Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata ditandatangani oleh peserta, 1 (satu) lembar harus dibawa saat ujian seleksi masuk, dan satunya lagi dilampirkan bersamaan dengan berkas verifikasi yang lain untuk dikirimkan kepada panitia)

 

E. PENGIRIMAN BERKAS VERIFIKASI

Setelah melakukan pendaftaran, peserta diwajibkan segera mengirimkan Berkas Verifikasi untuk dilakukan proses verifikasi/pengesahan pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.

1. Jalur Umum/Reguler, melampirkan:

  • 1 (satu) lembar Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata Peserta (yang sudah ditandatangani),
  • 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 berwarna (background warna merah),
  • 1 (satu) lembar fotocopy kartu identitas (KTP/KK, SIM, atau Kartu Pelajar),
  • 1 (satu) lembar fotocopy STTB/ljazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (Bagi lulusan tahun 2014 yang belum mempunyai Ijasah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah)
  • 1 (satu) lembar Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak    tetap (petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat
  • 1 (satu) lembar Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,-
  • 1 (satu) lembar Surat Keterangan Sehat dan Bebas Penggunaan NAPZA dari Dokter (perhatikan pada syarat Ketentuan Khusus dibawah)

2. Jalur Lanjutan, melampirkan:

  • 1 (satu) lembar Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata Peserta (yang sudah ditandatangani),
  • 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 berwarna (background warna merah)
  • 1 (satu) lembar fotocopy kartu identitas (KTP/KK, SIM, atau Kartu Pelajar),
  • 2 (dua) lembar Surat permohonan kepada Rektor (format terlampir)
  • 2 (dua) lembar fotocopy Ijazah D3/setara dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • 2 (dua) lembar SK/Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal dari BAN-PT
  • 1 (satu) lembar Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak tetap (petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat
  • 1 (satu) lembar Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,-
  • 1 (satu) lembar Surat Keterangan Sehat dan Bebas Penggunaan NAPZA dari Dokter (serta perhatikan pada syarat Ketentuan Khusus dibawah)

3. Jalur Non Reguler, melampirkan:

  • 1 (satu) lembar Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata Peserta (yang sudah ditandatangani)
  • 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 berwarna (background warna merah)
  • 1 (satu) lembar fotocopy kartu identitas (KTP/KK, SIM, atau Kartu Pelajar),
  • 1 (satu) lembar fotocopy STTB/ljazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (Bagi lulusan tahun 2014 yang belum mempunyai Ijasah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah)
  • 1 (satu) lembar Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak tetap(petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat
  • 1 (satu) lembar Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,-
  • 1 (satu) lembar Surat Keterangan Sehat dan Bebas Penggunaan NAPZA dari Dokter (serta perhatikan pada syarat Ketentuan Khusus dibawah)

 

KETENTUAN KHUSUS

Selain persyaratan diatas calon diwajibkan pula memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran seperti:

  1. Sehat paru-paru dan THT, untuk mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan semua Jurusan.
  2. Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, untuk mahasiswa semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
  3. Tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing program studi di FSP dan FSMR.

 

Berkas Verifikasi tersebut dimasukkan ke dalam stopmap sesuai fakultas masing-masing:

  • warna merah muda untuk Fakultas Seni Pertunjukan
  • warna biru untuk Fakultas Seni Rupa
  • warna kuning untuk Fakultas Seni Media Rekam

kemudian dikirim via pos atau datang langsung ke alamat :

Sekretariat Panitia PMB ISI Yogyakarta

BAAKPSI

Gedung Rektorat ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis Km. 6,5 Yogyakarta 55001

Telp. (0274) 379133, 373659

 

Berkas Verifikasi paling lambat harus sudah diterima oleh panitia sesuai jadwal berikut :

Periode

Jalur Seleksi

 Batas Akhir Berkas Diterima Panitia

Gelombang II  Jalur Reguler, Jalur Khusus dan Jalur Non Reguler 11 Juli 2014 Pukul 14.00 WIB

Catatan :

  • Setelah mengirimkan/menyerahkan berkas verifikasi, peserta diwajibkan melihat Pengumuman Lolos Verifikasi di laman http://pmb.isi.ac.id (pada kolom Pengumuman).
  • Keterlambatan penyampaian berkas verifikasi akan berakibat dinyatakan TIDAK LOLOS VERIFIKASI dan tidak dapat mengikuti ujian seleksi.

(Untuk pengecekan hasil proses verifikasi dapat mengunduh/membaca Panduan Cara Pengecekan Hasil Verifikasi Berkas di laman http://pmb.isi.ac.id (pada kolom Informasi)

 

F. UJIAN SELEKSI

Peserta yang telah dinyatakan Lolos Verifikasi dapat mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal yang telah ditentukan

 MATERI UJIAN SELEKSI

  • FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN
    1. Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Jurusan/Program Studi yang dipilih
  •  FAKULTAS SENI RUPA
    1. Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Jurusan/Program Studi yang dipilih
    2. Wawancara
  •  FAKULTAS SENI MEDIA REKAM
    1. Tes Keterampilan Program Studi Fotografi/Televisi/Animasi
    2. Membawa porto folio/hasil karya sesuai program studi yang dipilih (Fotografi/Televisi/Animasi)

 

G. WAKTU DAN TEMPAT UJIAN SELEKSI

  • JALUR KHUSUS (Lanjutan)                 : 16 Juli 2014
  • JALUR UMUM/REGULER               
    1. Fakultas Seni Pertunjukan                    : 15 s.d 17 Juli 2014
    2. Fakultas Seni Rupa                                 : 15 Juli 2014
    3. Fakultas Seni Media Rekam                 : 15 s.d 16 Juli 2014
  •  JALUR NON REGULER                   
    1. Fakultas Seni Pertunjukan                    : 15 Juli 2014
    2. Fakultas Seni Rupa                                 : 15 Juli 2014
    3. Fakultas Seni Media Rekam                 : 15 s.d 16 Juli 2014
  • Tempat penyelenggaraan ujian seleksi dilaksanakan di masing-masing program studi sesuai jadwal dan kapasitas ruangan.
  • Jadwal dan tempat ujian seleksi menyesuaikan program studi masing-masing
  • Pelaksanaan ujian seleksi dimulai pukul 08.00 WIB dan peserta harus hadir 30 menit sebelum ujian dimulai

 

H. PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI

Setelah mengikuti ujian seleksi, dapat melihat Pengumuman Hasil Seleksi di laman http://pmb.isi.ac.id/ atau https://isi.ac.id, atau melalui media cetak lokal dan yang dinyatakan DITERIMA harap segera melaksanakan Registrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Periode  Pengumuman  Registrasi
Gelombang II(Jalur Reguler, Jalur Khusus Lanjutan, dan Jalur Non Reguler)  7 Agustus 2014  12 s.d 14 Agustus 2014

Keputusan hasil ujian seleksi tidak dapat diganggu gugat

 

I. BIAYA PENDIDIKAN

Berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor: 97/E/KU/2013 tanggal 5 Februari 2013 perihal Uang Kuliah Tunggal mulai Tahun akademik 2013/2014, maka biaya yang wajib dibayarkan bagi Mahasiswa yang dinyatakan diterima pada saat Registrasi, adalah antara Rp 500.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,- (Untuk mahasiswa asing Tarif UKT diatur sesuai keputusan yang berlaku)

 

J. FASILITAS

  • Kartu ATM Bank BNI
  • Beasiswa BIDIKMISI, Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-BBP PPA), Beasiswa Supersemar, dll.