Rektor ISI Yogyakarta Terima Audiensi Seniman dari Cardiff dan Jogja Disability Arts Foundation

Rektor ISI Yogyakara, Dr. Irwandi, M.Sn. menerima audiensi seniman dari Cardiff, Inggris, Andrew Bolton dan Ketua Jogja Disability Arts, Sukri Budi Dharma, S.Psi, pada Rabu, 3 Juli 2024, di Ruang VIP Rektorat ISI Yogyakarta, Pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai. Pada kesempatan ini Andrew Bolton dan Sukri Budi Dharma, S.Psi. didampingi Warsono, S.Sn., M.A. selaku Ketua UPT Galeri R.J. Katamsi ISI Yogyakarta. Tujuan audiensi ini, untuk menyampaikan maskud kedatangan Andrew Bolton ke ISI Yogyakarta dan ke Yogyakarta dan menyampaikan rencana kolaborasi antara Jogja Disability Arts, Galeri R.J. Katamsi dan Jurusan Seni Murni ISI Yogyakarta.

Pada Audiensi ini, Warsono, S.Sn., M.A. menyampaikan bahwa tujuan dari Andrew Bolton berkunjung ke ISI Yogyakarta dan Yogyakarta untuk melaksanakan proyek mural di Kampung Dolanan, Desa Panggungharjo dan menyelenggarakan pameran di Galeri Fadjar Sidik, Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Lebih lanjut, Warsono, S.Sn., M.A. menyampaikan bahwa kunjungan Andrew Bolton kali ini merupakan kunjungan balasan setelah tahun lalu Ketua UPT Galeri R.J. Katamasi ISI Yogyakarta ini berkunjung ke Cardiff dengan biaya dari British Council. Saya telah membawa beberapa karya seniman-seniman dari Cardiff untuk dipamerkan di Yogyakarta dan saya mohon kesediaan Bapak Rektor untuk membukan pameran tersebut, demikian disampaikan Andrew Bolton.

Sukri Budi Dharma, S.Psi. menambahkan pameran seni rupa karya Andrew Bolton dan rekan-rekannya dari Cardiff akan ditambahkan dengan karya hasil seniman difabel dan non difabel dari tanah air. Pameran tersebut akan dibingkai dalam proyek bernama Artrasa Festival. Artrasa Festival akan menghadirkan berbagai bentuk sajian kesenian, diantaranya pameran seni rupa, mural, music, dan teater.  Artrasa mengundang seniman dari background yang berbeda dan seniman dari luar sebagai seniman residensi. Artrasa selain mempresentasikan karya-karya individual juga akan menghadirkan karya-karya kolaborasi. Artrasa 2024 akan diselenggarakan di Galeri Fadjar Sidik, Balai Budaya Karangkitri, Pojok Budaya Kampung Dolanan, Panggungharjo.  Artrasa Festival terbuka bagi masyarakat umum dan gratis.

 

Pelaksanaan audiensi