Rektor ISI Yogyakarta Buka Gelar Seni Pertunjukan Rakyat

Rektor ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn. membuka Gelar Seni Pertunjukan Rakyat atau Gesper akan diselenggarakan di Gedung Rektorat Lama ISI Yogyakarta atau Gedung Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, pada 28 Juni 2024, pukul 08.00 WIB. Gesper tahun ini akan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 27 sampai dengan 28 Juni 2024. Gesper terselenggara atas kolaborasi Perkumpulan Seni Lintas Zaman yang beranggotakan alumni Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta dan Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada di Lingungan Fakultas Seni Pertunjukan. Gesper digelar sebagai upaya mendekatkan ekpresi seni khususnya seni pertunjukan kepada masyarakat.

Dalam sambutan pembukaan, Rektor ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., menyampaikan “Hari ini ISI Yogyakarta memiliki banyak agenda dan saya memilih untuk membuka Gesper karena kegiatan ini sangat relevan dengan semangat Dies ke-40 atau Lustru ke-8, ISI Yogyakarta, transformasi daya seni untuk Indonesia unggul”. Lebih lanjut Rektor menyampaikan Gesper menunjukan bagaimana melalui even seni dapat memberdayakan usaha kecil menengah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan kata lain seni mampu membawa Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik.

Gesper pertama kami diselenggarakan pada tahun 1999 dan pada tahun 2024, even ini telah berusia 25 tahun. Sejalan dengan berjalannya waktu Gesper menjadi ruang jejaring alumni yang terjalin secara kultural dan menyebar di setiap wilayah di Indonesia. Pada tahun ini, jejaring alumni tersebut memproklamirkan diri menjadi Perkumpulan Seni Lintas Zaman. Melalui perkumpulan ini diharapkan semakin memunculkan program kreatif dengan mengoptimalkan potensi jejaring kolaborasi.

Didit selaku ketua panitia Gesper 2024 menyampaikan, “Kami mencoba untuk menghidupkan kembali semangat kolaborasi, yang semoga ke depannya bisa menjadi ajang silaturahmi dan pestanya seni pertunjukan rakyat di Nusantara.”

Wibowo sebagai ketua Perkumpulan Seni Lintas Zaman menyampaikan bahwa “Perkumpulan  ini berdedikasi untuk menciptakan sistem manajemen dari kaloborasi seni dan budaya kerakyatan Indonesia. Melalui berbagai ide program kreatif berupaya untuk menghubungkan berbagai generasi dan komunitas untuk saling bahu-membahu berproses kolaborasi melalui ragam kesenian rakyat. Semoga niat baik ini akan membuahkan apresiasi yang baik dari masyarakat luas.”

Selama penyelenggaraan Gesper agenda yang akan dilaksanakan antara lain Reuni Akbar Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, sarasehan lintas zaman, kirab lintas zaman, pasar lintas zaman, workshop seni, donor darah, demo seni kriya dan pertunjukan. Pertunjukan musik menampilkan Sirkus Barock, Iksan Skuter, Kukuh Kudamai, Nyi Ageng Ethic dan Sri Rejeki. Pertunjukan kontemporer akan menampilkan Anterdans, Dingklik Sindhen, Pragina Gong, Sanggar Kinanti Sekar, Angguk Kembang Asih, Jathilan Kulonprogo, Wayang Ki Kenci dan masih banyak lagi penampilan yang akan menghibur masyarakat.

Seremonial pembukaan Gesper 2024