Kriya adalah salah satu cabang Seni Rupa yang tumbuh dan berkembang berdasar pada akar budaya bangsa yang menciptakan karya-karya Seni yang memenuhi kebutuhan fungsional dan atau non fungsional yang dalam mewujudkanya dilaksanakan secara kreatif, inovatif, serta dengan craftsmanship yang tinggi, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maupun eksklusif.

Jurusan Seni Kriya memiliki Program Studi Seni Kriya dengan tujuan menghasilkan Sarjana yang mampu menghayati nilai-nilai budaya nasional, menguasai dasar-dasar ilmiah, mampu menelaah dan mampu memecahkan permasalahan dalam bidang seni kriya, menguasai berbagai media dan teknik kekriyaan untuk menciptakan teknik yang kreatif dan inovatif, serta mampu berinteraksi dengan ilmu-ilmu lainya dan berwawasan luas sesuai dengan tuntutan zaman.

Jurusan Kriya bertanggung jawab terhadap kekayaan budaya bangsa, sebagai parameter dunia dalam pembinaan dan pengembagan seni kriya serta memberikan kontribusi terhadap pencerdasan estetis sesuai dengan perkembangan zaman.

Membina dan mengembangkan seni kriya di Indonesia selaras dengan perkembangan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan budaya bangsa melalui pendidikan dalam bidang penciptaan, pengkajian, dan pengelolaan seni kriya.

Tujuan

  • Mampu menghayati nilai-nilai budaya nasional serta menanggapi gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan erat dengan bidang seni kriya untuk mengembangkan kepribadian dan wawasannya.
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah, dapat memecahkan permasalahan bidang seni kriya serta menerapkan dalamkegiatan penciptaan, pengkajian, dan pengelolaan seni kriya pada masyarakat.
  • Menguasai media dan teknik seni kriya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta menciptakan karya-karya seni kriya secara kreatif dan inovatif.
  • Memiliki sikap dan perilaku dalam membawakan diri untuk berkarya di bidang seni kriya dan berkehidupan bermasyarakat.
  • Mampu berinteraksi dengan bidang-bidang ilmu lain untuk memperluas wawasan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Fungsionaris

  • Ketua Jurusan Kriya Dr. Yulriawan, M. Hum
  • Sekretaris Febrian Wisnu Adi, S.Sn., MA.