Konservasi Seni

PROGRAM STUDI S-1 KONSERVASI SENI – FAKULTAS SENI RUPA ISI YOGYAKARTA

Program Studi Konservasi Seni merupakan program strata satu (S-1) yang dilaksanakan dalam 8 semester di bawah naungan Fakultas Seni Rupa, sejak 2022.

Program Studi Konservasi ISI Yogyakarta merupakan program studi konservasi seni pertama yang ada di Indonesia untuk jenjang Strata Satu. Program studi ini merupakan bidang ilmu interdisiplin (seni, sains dan teknologi). Nilai penting dibentuknya Program Studi Konservasi didorong oleh kebutuhan atas sumberdaya manusia yang ahli dalam melakukan konservasi seni di Indonesia, terutama benda-benda seni rupa warisan budaya dari daerah yang beriklim tropis.

VISI

Pada tahun 2033 Program Studi Konservasi Seni menjadi unggulan di bidang konservasi seni wilayah tropis di Indonesia dan Asia berdasarkan Pancasila.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menempatkan manusia sebagai subjek aktif dan berdaya dalam pengelolaan potensi budaya yang plural dan multikultural, berdasarkan budaya Nusantara, sehingga memiliki daya saing yang kuat dalam percaturan global sesuai dengan perkembangan jaman.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki integritas sikap dan tanggung jawab, menguasai pengetahuan yang dipelajari selama studi, dan mampu menerapkannya secara aktif dalam praktik ilmu konservasi seni secara mandiri, kreatif dan berdaya saing.
  3. Menyiapkan lulusan yang emiliki keahlian dalam mendokumentasikan karya seni dan benda budaya wilayah tropis dengan memakai teknologi terbaru.
  4. Melatih peserta didik dalam menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Melatih peserta didik dalam mengimplementasikan penelitian ke dalam tindakan yang dapat menjawab persoalan dan kebutuhan fungsi-fungsi infrastruktur seni, budaya, dan pariwisata, dalam pergaulan Nasional dan Internasional.
  6. Meningkatkan produksi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung sinergi antara bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  7. Mengembangkan kerjasama yang setara, sinergis dan mutualistis antar lembaga, baik di dalam maupun luar negeri secara aktif dan berkelanjutan.

PROFIL LULUSAN

Program Studi S-1 Konservasi Seni ISI Yogyakarta menghasilkan lulusan yang mampu menjadi:

  1. Konservator di bidang seni rupa yang di dalamnya termasuk teknisi konservasi, pengelola koleksi seni, praktisi restorasi seni, pemelihara benda seni dan budaya (art preserver), yang memiliki kesadaran merawat nilai-nilai dan warisan budaya wilayah tropis yang berintegritas dan beretika sesuai bidang keilmuannya.
  2. Akademisi Konservasi Seni yang memiliki keahliaan dalam bidang keilmuan konservasi seni, kemampuan melakukan praktik dan penelitian dalam bidang konservasi seni, dan kemampuan melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang akademisi.
  3. Pengelola Galeri dan Museum yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam ilmu konservasi seni, manajemen konservasi benda-benda seni di galeri seni dan museum, serta memiliki kesadaran dalam nilai-nilai penting perawatan dan pelestarian benda-benda seni dan warisan budaya wilayah tropis yang berintegrasi dan beretika sesuai bidang keilmuannya.

Lulusan akan memilki sikap dan keahlian dalam:

  1. Strategi pengelolaan dan kompetensi pada benda seni dan warisan budaya wilayah tropis yang sistematis, kreatif, dan terfokus pada kepentingan masyarakat;
  2. Sikap adaptasi yang fleksibel dan baik pada perubahan serta lingkungan global secara dinamis, profesional, dan visioner;
  3. Bidang konservasi seni dan pengelolan benda seni dan warisan budaya tak benda yang berlandaskan budaya Indonesia, berwawasan kebangsaaan dan kewirausahaan kreatif (creativeprepreneurship);
  4. Kerja dan penelitian secara lintas-ilmu, lintas-budaya, serta ekonomi kreatif;
  5. Memahami perubahan dan perkembangan lingkungan sosial, budaya, dan politik.

KOMPETENSI

Diharapkan, semua lulusan Program Studi Konservasi Seni memiliki kompetensi untuk:

  1. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya   dalam   bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  3. mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  4. memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbingnya, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  5. mengambil   keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua Jurusan/ Prodi: Dr. Mikke Susanto., S.Sn., M.A.

Sekretaris Jurusan/ Prodi: Dian Ajeng Kirana, S.Sn., M.Sn.

Ketua Program Studi: Prima Dona Hapsari, S.Pd., M.Hum.

Staf Pengajar Tetap:

  1. Dr. Suastiwi, M.Des.
  2. Dr. Yohana Ari Ratnaningtyas, SE., M.Si.
  3. Wiwik Sri Wulandari, S.Sn., M.Sn.
  4. Prima Dona Hapsari, S.Pd., M.Hum.
  5. Warsono, S.Sn., M.Sn.
  6. Indiria Maharsi, S.Sn., M.Sn.

Staf Pengajar Tidak Tetap:

  1. Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, M.Si.
  2. Dr. Mikke Susanto, S.Sn., M.A.
  3. Dr. M. Kholid Arif Rozak, M.M.
  4. Bambang Witjaksono, S.Sn., M.Sn.
  5. Dian Ajeng Kirana, S.Sn. M.Sn.
  6. Dr. Miftahul Munir, M.Phil.
  7. Dr. Kardi Laksono, M.Phil.
  8. Retno Purwandari, M.A.
  9. Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo (TPLB)
  10. Dr. Nahar Cahyandaru (TPLB)
  11. Ari Swastikawati, S.Si., M.A. (TPLB)

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Lulusan Program Studi S-1 Konservasi Seni diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi dan preservasi seni dan warisan budaya tak benda berskala nasional maupun internasional.

Pendidikan di Program Studi S-1 Konservasi Seni memberikan kesempatan bagi para siswa untuk dapat memperoleh dan menunjukkan outcomes pembelajaran sebagai berikut:

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
  2. Menjunjung   tinggi   nilai   kemanusiaan   dalam   menjalankan   tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai   keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat   hukum   dan   disiplin   dalam   kehidupan   bermasyarakat   dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan   sikap   bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip-prinsip, teori-teori, metode dan praktik ilmu konservasi seni;
  2. Menguasai Ilmu sejarah seni;
  3. Menguasai ilmu bahan pada karya seni dan benda budaya wilayah tropis;
  4. Menguasai dasar-dasar seni rupa;
  5. Menguasai museologi dan galeri;
  6. Menguasai dasar-dasar ilmu kimia, mikrobiologi, plants, insects;
  7. Menguasai dasar-dasar ilmu pengendalian lingkungan untuk konservasi seni

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam         konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya   dalam   bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil   kajian   tersebut   di   atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu   mengambil   keputusan secara tepat    dalam    konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk memecahkan masalah dan melaksanakan konservasi karya seni dan benda budaya di wilayah tropis;
  2. Menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam ilmu konservasi seni;
  3. Memiliki keahlian dalam mendokumentasikan karya seni dan benda budaya wilayah tropis dengan memakai teknologi terbaru;
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan yang inovatif dan mandiri yang relevan dengan disiplin konservasi seni.

Kontak: artconservation@isi.ac.id