Program Studi Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta bekerjasama dengan Taman Budaya Yogyakarta dan Indonesian Visual Art Archive (IVAA) akan menyelenggarakan Workshop Inventarisasi Karya Seni Rupa. Rencananya workshop akan diselenggarakan pada Selasa, 9 Mei 2023, pukul 10.00-Selesai, bertempat di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta. Workshop ini diselenggarakan dalam rangka Pameran Koleksi Taman Budaya Yogyakarta.

Inventarisasi merupakan bagian dari pengelolaan koleksi, yaitu dengan melakukan identifikasi, dokumentasi, serta kemudian mengorganisasi objek yang menjadi koleksi. Dengan inventarisasi diharapkan setiap objek (karya) yang ada dalam koleksi tercatat dan terdokumentasi dengan baik. Informasi dalam catatan inventarisasi ini dapat digunakan untuk kegiatan selanjutnya seperti pameran, publikasi, dan penelitian.

Data yang terdokumentasi dengan baik akan dapat membuat para peneliti menggunakannya dalam riset sehingga dihasilkan informasi yang akurat dan bermanfaat dalam mengapresiasi karya . Inventarisi juga membantu kolektor atau lembaga yang memiliki karya seni rupa dalam melakukan perawatan koleksi.

Bagi pengelola, inventarisasi juga akan membantu dalam menentukan nilai dari objek, termasuk nilai pentingnya. Nilai objek akan membantu lembaga untuk mengelola risiko dalam penyimpanan, penggunaan, juga peminjaman. Apa saja langkah dalam proses inventarisasi karya yang perlu dilakukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut akan dihadirkan narasumber antara lain, Sektiadi,S.S., M.Hum (Dosen Arkeologi Universitas Gadjah Mada/UGM), Dwi Rahmanto (Kepala Arsip Indonesian Visual Art Archive/IVAA) dan Rulli Meilia, S.Sn (Arsiparis Maestro Tienuk Rifki/Alumi ISI Yogyakarta). Workshop Inventarisasi Karya Seni Rupa akan dipandu oleh moderator Ayu Maun Nadhifah.

Masyarakat yang tertarik mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan diri melalui tautan . Informasi lengkap terkait workshop dapat menghubungi narahubung Bertha dengan nomor seluler 081632272403 dan Anand dengan nomor seluler 089541159302.

Poster workshop