Institut Seni Indonesia Yogyakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke 8. Tujuh perguruan seni se-Indonesia yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Seni Indonesia (BKS-PTSI) turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, yang berlangsung dari tanggal 24-29 September.
Pembukaan FKI ke 8 secara resmi dibuka pada tanggal 26 September 2014 oleh Wamendikbud bidang Kebudayaan Prof. Wiendu Nuryanti, M.Arch, di Boulevard ISI Yogyakarta jl. Parangtritis Km 6,5 Yogyakarta.
Pembukaan FKI ke 8 dimeriahkan dengan defile yang diikuti oleh tujuh delegasi PT Seni yaitu, IKJ Jakarta, ISI Padangpanjang, ISI Denpasar, STKW Surabaya, ISI Surakarta, STSI Bandung, ISI Yogyakarta dan defile Bregodo prajurit Kraton Yogyakarta dan Pakualaman masing-masing mengirimkan 2 Bregodo prajurit.
Dalam sambutannya Wamendikbud menyatakan bahwa “Indonesia kaya akan kesenian dan budaya”, maka ketika di dunia internasional dia menyampaikan bahwa “Negeri kami adalah, Tarian, Artis, Seni rupa sehingga negeri kami adalah negeri kesenian” tambahnya.
Seremoni pembukaan diawali dengan laporan ketua umum FKI ke 8 Drs. Syafruddin, M.Hum, sambutan tuan rumah Rektor ISI Yogyakarta Prof. Hermien Kusmayati dengan didampingi oleh rektor dan ketua perguruan tinggi peserta FKI ke 8, sambutan wamendikbud bidang kebudayaan Prof. Wiendu Nuryanti, M.Arch dilanjutkan dengan memecah kendi sebagai simbol secara resmi FKI ke 8 dibuka.
Setelah pemecahan kendi dilanjutkan dengan peninjauan pameran seni rupa, seni media rekam dan jamuan makam malam di Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta.
pembukaan FKI 03

pembukaan FKI 04

pembukaan FKI 05

pembukaan FKI 06

pembukaan FKI 07

pembukaan FKI 08

pembukaan FKI 09

pembukaan FKI 11

pembukaan FKI 12

pembukaan FKI 15

pembukaan FKI 16

pembukaan FKI 17

pembukaan FKI 18

pembukaan FKI 19

pembukaan FKI 21

pembukaan FKI 22

pembukaan FKI 30

pembukaan FKI 23

pembukaan FKI 24

pembukaan FKI 25

pembukaan FKI 26

pembukaan FKI 27

pembukaan FKI 28rching band,