Pembantu Dekan I, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Yogyakarta, Dra. M. Heni Winahyuningsih, M.Hum membuka Pergelaran Musik Tradisi, yang mengusung tema “Musik Tradisi, Memantik Pemuda Berkreasi”, pada hari Kamis, 26 Oktober 2023 pukul 19.30 WIB di Gedung Laboratorium Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Pergelaran diselenggarakan UPT Laboratorium Seni dan Concert Hall Institut Seni Indonesia Yogyakarta bekerja sama dengan Jurusan Karawitan dan Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini menghadirkan berbagai jenis musik tradisional dari berbagai daerah, menggabungkan aspek seni dan budaya yang dikemas dalam sajian musik. Pergelaran ini sekaligus memberikan pengalaman yang unik bagi penonton. Tentu saja, ini dilakukan sebagai upaya untuk mempromosikan, melestarikan, dan menghargai kekayaan budaya musik tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Pergelaran dimulai dengan sambutan dari Ketua UPT Laboratorium Seni dan Concert Hall Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Drs. Gandung Djatmiko, M.Pd. Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka pergelaran oleh Pembantu Dekan I, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Yogyakarta, Dra. M. Heni Winahyuningsih, M.Hum.

Pergelaran Musik Tradisi ini menampilkan tujuh repertoar dari dosen dan mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta, yaitu Lingkung Lembur karya Cepi Irawan, Talu Masjolo karya Aji Santosa Nugroho, Tetalu Abreg karya Sukotjo, Kinasih karya Ribeth Nurvijayanto, Maha Muda Karya dari Bayu Setiaji, Padahal karya Krismus Purba dan M Yoga Supeno, Paripurna karya Suhardjono. Pergelaran ini didukung oleh seratus tujuh puluh lima pemusik.  Keragaman karya musik tradisi yang ditampilkan diharapkan dapat meningkatkan apresiasi seni masyarakat. Pergelaran ini akan semakin mempertegas keberadaan seni, baik secara akademik maupun dalam industri kreatif.

Pergelaran Musik Tradisi melibatkan mahasiswa internasional ISI Yogyakarta dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Kedirgantaraan.  Pergelaran Musik Tradisi yang terbuka bagi masyarakat umum membuat Gedung Laboratorium Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta ramai dihadiri masyarakat umum yang ingin menikmati pertunjukan musik tradisi.

 

 

 

 

 

Ketua UPT Concert Hall dan Lab. Seni memberikan sambutan

Pembantu Dekan I FSP memberikan sambutan

Para penampil

Para penampil