Peluncuran Aplikasi SEMAR Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI Yogyakarta
- 31 December 2020
- Posted by: heriabiburachman
- Category: Berita dan info
Pada hari Rabu, 30 Desember 2020 pukul 13.00 WIB diadakan peluncuran aplikasi SEMAR (Surat Elektronik Media Rekam) yang dibuka oleh Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang pada kesempatan ini diwakili oleh Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta dan Dekan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Dr. Irwandi, M.Sn, melalui aplikasi Zoom Meeting. Rangkaian acara peluncuran aplikasi SEMAR ini terdiri dari Pembukaan, Sambutan Rektor dan Dekan, Peluncuran Aplikasi, Screening aplikasi SEMAR, serta Konferensi Press. Peluncuran aplikasi SEMAR melalui platform Zoom Meeting ini dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan ISI Yogyakarta dan civitas academica FSMR ISI Yogyakarta.
Dalam sambutannya Dr. Irwandi, M.Sn. selaku Dekan FSMR ISI Yogyakarta menyampaikan bahwa aplikasi SEMAR ini merupakan usaha untuk mewujudkan E-Office Zona Integritas di FSMR ISI Yogyakarta yang berorientasi pada pelayanan publik. Salah satu bentuk peningkatan layanan tersebut adalah reformasi birokrasi pelayanan dan perubahan bentuk layanan manual menjadi digital sesuai tuntutan zaman. Semar juga merupakan bentuk penyesuaian FMSR ISI Yogyakarta di era pandemi seperti ini yang meminimalkan interaksi fisik secara langsung.
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Pembantu Rektor I, ISI Yogyakarta yang dalam kesempatan ini mewakili Rektor ISI Yogyakarta. Dalam sambutannya Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. Menyampaikan ucapan selamat dari Rektor ISI Yogyakarta kepada FSMR ISI Yogyakarta yang berhasil mengembangkan SEMAR dan permohanan maaf dari Rektor ISI Yogyakarta berhalangan hadir karena telah memiliki agenda kegiatan lain. Pembantu Rektor I, ISI Yogyakarta juga menyampaikan pengembangan Semar merupakan bentuk kecerdasan dari Fakultas Seni Media Rekam yang dapat dijadikan sebagai pilot project di ISI Yogyakarta pengembangan aplikasi sejenis. FSMR dalam memanfaatkan Refocusing anggaran dan penyesuaian format layanan di era pandemi yang meminimalkan interaksi secara fisik. Semar dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi fakultas lain untuk mengembangkan aplikasi sejenis. Di akhir sambutannnya, Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta juga mengingatkan kepada pimpinan di Fakultas Seni Pertunjukan dan Program Pascasarjana ISI Yogyakarta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Zona Integritas.
Aplikasi SEMAR ini merupakan sebuah aplikasi online (daring) yang diperuntukkan bagi civitas academica baik untuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di lingkungan FSMR ISI Yogyakarta. Penggunaan Aplikasi SEMAR ini diharapkan bisa memaksimalkan kelas daring yang selama ini dilakukan guna mendukung protokol kesehatan di era pandemi COVID-19. Secara khusus, peluncuran aplikasi SEMAR bertujuan untuk mengurangi dokumen fisik dan interaksi secara langsung antara dosen dan mahasiswa, serta tenaga pendidikan, guna meminimalisir terjadinya penumpukan aktivitas pelayanan akademik secara fisik di lingkungan kampus. Aplikasi SEMAR dibuat dengan mengacu pada PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI No. 6 Tahun 2013 tentang TATA NASKAH DINAS DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. SEMAR dihadirkan di lingkungan kerja FSMR ISI Yogyakarta sebagai upaya untuk meningkatkan akuntabilitas pelayanan, implementasi digital-minded, dan untuk meningkatkan performa layanan di lingkungan FSMR ISI Yogyakarta.
SEMAR akan saling terintegrasi dengan menu layanan digital yang sudah ada di laman resmi FSMR (https://fsmr.isi.ac.id/). Aplikasi yang diluncurkan oleh FSMR ini bisa dibilang pioneer di lingkungan kampus ISI Yogyakarta. Aplikasi ini juga muncul untuk merespons bentuk kuliah online/daring yang masih akan diterapkan di semester mendatang karena pandemi belum berakhir. Aplikasi SEMAR ini berisi interaksi secara online/daring yang meliputi layanan surat menyurat akademik dan kemahasiswaan, seperti informasi transkrip nilai dan SKL, Surat Keterangan Aktif, permohonan izin peminjaman studio/peralatan, permohonan izin tempat/penelitian/pengambilan gambar, permohonan KP/PKL/Blangko Nilai, jadwal kelas, jadwal Konsultasi online mahasiswa dan dosen, serta lainnya.
Saat ini semua mahasiswa FSMR telah memiliki akun terverifikasi di aplikasi SEMAR. Maka, selanjutnya mahasiswa yang mengajukan permohonan layanan harus mengisi terlebih dahulu formulir pengajuan penerbitan surat mahasiswa. Surat tersebut nantinya akan dibuat secara elektronik melalui aplikasi SEMAR dan salinan surat akan dikirimkan melalui akun email mahasiswa. Mahasiswa akan diminta mengisi data pengusul berupa nama mahasiswa, NIM, Semester, No HP, Email, Alamat, Jenjang studi, Jurusan, serta Program Studinya.
Dekan FSMR menjelaskan berbagai fitur yang ada di Aplikasi SEMAR
Pembantu Rektor I, ISI Yogyakarta memberikan sambutan dan meluncurkan Aplikasi SEMAR
Press Conference peluncuran Aplikasi SEMAR