Pelepasan Purna Tugas Guru Besar ISI Yogyakarta, Prof. Dr. Y. Sumandiyo Hadi, S.S.T., S.U

Kamis, 8 Agustus 2019, bertempat di Gedung Concert Hall ISI Yogyakarta, telah dilangsungkan acara Pelepasan Purna Tugas Guru Besar ISI Yogyakarta, Prof. Dr. Y. Sumandiyo Hadi, S.S.T., S.U.  Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, Drs. Siswadi, M.Sn., dan sambutan Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. Sedangkan penyampaian kesan dan pesan dari wakil dosen disampaikan oleh Prof. Dr. I Wayan Dana, S.S.T., M.Hum.

Dalam acara ini dilakukan pula peluncuran Bunga Rampai dengan judul Ruang Kreatif dalam Pengkajian, Penciptaan, dan Pendidikan Seni, serta Orasi dan pertunjukan Tari Klana Topeng oleh Prof. Dr. Y. Sumandiyo Hadi, S.S.T., S.U. Selain itu dari Fakultas Seni Pertunjukan menghadirkan Pergelaran Fragmen “Taman Soka” sebagai bentuk penghargaan bagi beliau.

Prof. Dr. Y. Sumandiyo Hadi, S.S.T., S.U., merupakan Guru Besar Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Karir akademiknya dimulai sebagai dosen dan pegawai negeri sipil pada tahun 1972 di ASTI Yogyakarta, yang selanjutnya berkembang menjadi Jurusan Seni Tari FSP ISI Yogyakarta. Kemudian dalam proses karirnya sebagai dosen berpuncak pada pengangkatan Guru Besar Seni Tari di FSP ISI Yogyakarta pada tahun 2002. Pengukuhan Guru Besar Seni Tari tersebut, dengan pidato ilmiah yang berjudul “Fenomena Kreativitas Tari dalam Dimensi Sosial Makro”. Di samping itu, kapasitas akademik tersebut dikuatkan dengan berbagai kegiatan ilmiah seperti penelitian dan assesor berbagai bidang di pendidikan tinggi Kemeristek Dikti, menulis jurnal dan buku, serta seminar atau simposium nasional dan internasional di berbagai negara. Beliau juga masih terjaga matra kesenimanannya sebagai penari, koreografer, maupun sebagai ketua tim kesenian melawat ke berbagai negara.

Keluarga Besar ISI Yogyakarta menyampaikan rasa hormat dan bangga serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala karya dan jasa yang telah beliau sumbangkan kepada almamater tercinta dalam pengabdian yang panjang dan dengan segala prestasinya.

(dok.Yuli)

 

Share Button

Tinggalkan Balasan