Hari Minggu pagi LTMPT (lembaga test masuk perguruan tinggi) telah mengawali pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) secara nasional. ISI Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi seni yang dipercaya menjadi salah satu penyelenggara juga mengawalinya pada hari Minggu pagi 5 Juli 2020 pukul 09.30 WIB.

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum memukul gong tanda dimulainya pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta tepat pada pukul 09.30.  Pembukaan ini dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan ISI Yogyakarta diantaranya adalah Pembantu Rektor I sekaligus Ketua Pusat UTBK ISI Yogyakarta, Pembantu Rektor II, Para Dekan, Pembantu Dekan, Keala Biro, Kepala UPT, serta sejumlah panitia penyelenggara,

Pada tahun ini peserta yang melakukan test di ISI Yogyakarta sejumlah 3.821 orang yang 442 orang diantaranya berasal dari luar DIY. Sesuai dengan rekomendasi gugus tugas covid kab, Bantul, maka peserta dari luar DIY harus membawa bukti surat keterangan bebas covid dan pernyataaan bahwa peserta akan tinggal di Yogyakarta maksimal 3 hari. Bagi peserta dari luar DIY yang telah menetap di DIY wajib membawa bukti domisili yang diketahui oleh RT dan RW setempat. Selama pelaksanaan UTBK yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 14 Juli 2020, ISI Yogyakarta telah berusaha untuk senantiasa memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku saat ini, diantaranya mengharuskan peserta untuk mencuci tangan sebelum masuk ke dalam area ujian, melakukan physical distancing, mengenakan masker selama ujian, dan diperiksa suhu tubuhnya untuk dipastikan kurang dari 37.5 C. Hal itu juga berlaku bagi seluruh panitia yang bertugas.

(dok.tim utbk)