Ibadah qurban merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di saat Idul Adha dan merupakan syariat pertama Nabi Ibrahim AS. Perayaan Idul Adha kali ini masih dalam suasana pandemic covid-19. Walaupun begitu Dewan Kemakmuran Masjid Institut Seni Indenesia Yogyakarta tetap melaksanakan ibadah qurban sesuai protokol kesehatan dengan meminimalkan personal kepanitiaan untuk menghindari kemungkinan penularan Covid-19. Pelaksanaan ibadah qurban 1441 H di ISI Yogyakarta kali ini diselenggarakan pada hari Senin, 03 Agustus 2020 bertempat di Halaman Belakang Masjid Al-Muhtar Institut  Seni Indonesia yang dihadiri oleh rektor ISI yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., Ketua DKM, Dr. Supriaswoto, M.Hum. Ketua panitia, Asep Saefuddin,  MA., serta para sohibul qurban dan Panitia.

Pada ibadah qurban tahun ini disembelih dua (2) ekor sapi dan satu (1) ekor kambing. Dengan daftar shohibul qurban sebagai berikut:

Daftar Shohibul Qurban 1441 H/2020 M ISI Yogyakarta:

1.           Dr. Timbul Raharjo, M.Hum.

2.           Dr. Suwarno, M.Hum.

3.           Setyanto Putro, S.E.

4.           Drs.  Siswadi, M.Sn.

5.           Dr. Junaidi, S.Kar., M.Hum

6.           Dra. Ella Yulaeliah, M.Hum.

7.           Adhitia Wardhana ( suami dari Ibu Yulyta Kodrat P, M.T.)

8.           Dr. Irwandi, M.Sn.

9.           Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum.

10.         Muhammad Sholahuddin, S.Sn., M.T.

11.         Pranashinta Koestina Siwi, SE.

12.         Fateeh Cakrha Zoelkarnain bin Kahfi Julkarnain (Cucu Ibu Dra. Djandjang Purwo Sedjati, M.Hum.)

13.         Prof. Soeprapto Soedjono, MFA., Ph.D.

14.         Dr. Dewanto Sukistono, M.Sn.

Meski jumlahnya agak sedikit berkurang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tetapi tidak akan mengurangi makna serta pahala dari ibadah qurban. Semoga ditahun mendatang jumlahnya hewan qurban akan lebih meningkat lagi, dan hal tersebut membutuhkan partisipasi seluruh civitas akademika ISI Yogyakarta. Karena berqurban bukan hanya perintah agama namun juga bernilai pahala bagi yang melakukan.