Program Pascasarjana ISI Yogyakarta akan menampilkan  kesenian Calung Lengger Banyumasan di Ascoltate #40 pada Kamis, 21 September 2023, di Concert Hall Pascasarjana ISI Yogyakarta, Jalan Suryodiningratan no. 8 Yogyakarta, pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai. Kesenian Calung Lengger akan ditampilkan oleh Paguyuban oleh Paculmas. Pementasan kesenian Calung Lengger Banyumasan ini dilakukan sebagai upaya presenvasi dan konservasi kesenian Calung Lengger.

Kesenian Calung Lengger merupakan pentas tari lengger yang diiringi oleh musik Calung. Calung merupakan musik tradisional dengan perangkat mirip gamelan yang terbuat dari bambu wulung. Musik calung hidup di komunitas masyarakat pedesaan di wilayah sebaran budaya Banyumas. Perangkat musik calung terdiri atas gambang barung, gambang penerus, dhendhem, kenong, gong bambu, dan kendhang.

Pentas Calung Lengger Banyumasan ini terbuka bagi masyarakat umum dan gratis. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pementasan dapat mengunjungi Concert Hall Pascasarjana ISI Yogyakarta pada esok petang.

Poster kegiatan