Kelas BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) merupakan kelas bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing yang belajar di  Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kelas BIPA didesain khusus untuk memberikan kompetensi berbahasa Indonesia kepada mahasiswa asing .

Dengan memberikan kompetensi berbahasa Indonesia kepada mahasiswa asing diharapkan mampu membantu proses belajar yang dilakukan oleh mahasiswa asing. Dengan kemampuan berbahasa Indonesia akan memudahkan mahasiswa asing berkomunikasi dengan dosen dan mahasiswa sehingga akan mempermudah proses transfer pengetahuan yang dilakukan. Dengan penguasaan bahasa Indonesia ini diharapkan mahasiswa lebih optimal dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Materi yang disampaikan di kelas BIPA merupakan materi standar yang telah dirumuskan oleh Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan. Materi yang disampaikan oleh tim pengajar bersumber pada modul-modul yang telah disusun oleh Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan.  Proses pemberian materi dilaksanakan di kelas dan untuk mengurangi kerjenuhan maka pengelola Kelas BIPA ISI Yogyakarta mengadakan outing class di daerah kasongan. Outing class dilaksanakan dengan mengikuti workshop keramik. Di dalam proses mengikuti workshop terjadi praktik-praktik menggunakan bahasa Indonesia.

Kegiatan workshop keramik dilaksanakan pada hari sabtu , 2 Desember 2017, di Pusat Pelatihan Gerabah dan Finishing, Kasongan Bantul. Kegiatan ini dikuti oleh mahasiswa asing (student exchage dan darmasiswa), dosen pengampu BIPA, Pengelola Darmasiswa dan mahasiswa pendamping. Peserta workshop sangat antusias mengikuti workshop keramik dengan teknik putar.

Mendengarkan instruksi dari fasilitator workshop

Membuat keramik dengan teknik putar