Mahasiswa Teater ISI Yogyakarta Pentaskan Dukuh Konoha

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teater, Fakultas Seni Pertunjukan,  ISI Yogyakarta menyelenggarakan home concert 2021 berjudul “Dukuh Konoha”. Home Concert merupakan pementasan teater akan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 11 Oktober 2021. Masyarakat dapat menyaksikan pementasan teater virtual melalui  kanal Youtube Himpunan Mahasiswa Jurusan Teater ISI Yogyakarta. Dukuh Konoha merupakan karya dari Pigar Alam Wiguna dan disutradarai oleh Luqman Hakim serta asisten sutradara Dimas Ju Ju.

Pentas Teater dengan judul “Dukuh Konoha” akan mendeskripsikan bagaimana kehidupan masyarakat di Dukuh Konoha dengan tokoh utama Kakek Engtai. Kakek Engtai merupakan seorang tokoh tertua dari dukuh konoha yang menjadi panutan bagi warga Dukuh Konoha. Kakek Engtai selalu bertapa meningkatkan kesaktian dan memohon kepada dewa agar Dukuh Konoha diberi keselamatan dan kemakmuran. Berkat pertapaan Kakek Engtai, masyarakat Dukuh Konoha diberi kebahagiaan berupa panen raya. Petani Dukuh Konoha juga ikut andil dalam upaya untuk meraih panen raya dengan cara mencari solusi agar menghasilkan produk pertanian yang unggul. Suatu hari para petani menemukan pupuk yang menurut penjualnya bisa menjamin untuk membuahkan hasil yang unggul, beberapa petani percaya akan hal tersebut dan sebagian pesimis. Akhirnya panen raya kembali terjadi dengan kualitas panen yang unggul. Para warga setelah itu kembali menanyakan, apa yang sebenarnya membuat panen mereka menjadi berhasil dengan produk yang unggul. Apakah berkat doa kakek Engtai yang selama ini memastikan kemakmuran mereka atau pupuk sintetis yang baru saja muncul yang mereka pilih? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan terjawab dengan menyaksikan pementasan teater “Dukuh Konoha”.

Home concert 2021 dengan judul “Dukuh Konoha” melibatkan beberapa tokoh dan artis. Tokoh Kakek Engtai diperankan oleh Mukhlis Mu’arif, dalang diperankan oleh Cholsverde, Mbok Yem diperankan oleh Lennymuu, anak warung diperankan oleh Winda Septi, Pak No diperankan oleh Ghani FM, Pak Ndul diperankan Yosep Darusman, Pak Jo diperankan oleh Abita Dacil, Pak Nang oleh Yusuf Jamhuri dan Kevin Abani oleh Pak Nimil dan para warga diperankan oleh Maulida Qibti, Iqbal Najah, Dimas Zee, Amelia Syadiah, Aca Ardyansyah, Zahid dan Ukhi Daragia.

Home concert 2021 menjadi bukti bahwa Himpunan Mahasiswa Jurusan Teater, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta mampu berkarja di masa pandemi. Format pementasan  virtual ini memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat agar dapat menikmati pementasan teater. Masyarakat dapat menyaksikan pementasan teater melalui smart phone yang dimiliki tanpa harus datang ke ruang pertunjukan.



Tinggalkan Balasan