KPU Goes to Campus : “Seni, Demokrasi, dan Pilkada di Tengah Pandemi”

(19/11/2020) Kamis, Tatanan adaptasi Kebiasaan baru mendorong banyak elemen untuk melakukan inovasi. Beradaptasi dengan pandemi Corona virus Disease 2019 atau (Covid-19). Salah satunya KPU Yogyakarta yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia Yogyakarta mengadakan kegiatan Webinar KPU Goes To Campus Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., memberikan sambutan saat pembukaan kegiatan Webinar KPU Goes To Campus Institut Seni Indonesia Yogyakarta, yang dilaksanakan secara zoom meeting dari ISI Yogyakarta, dan di kantor KPU Yogyakarta, pada hari kamis, 19 November 2020.

Seni tidak bisa diatur oleh kekuatan dan kekuasaan monopoli, karena kreatifitas seni tidak lahir dari imajinasi kekuasaan, tetapi dari imajinasi merdeka ontologis dan aksiologisnya sekaligus. Daya pukau seni berbeda dengan daya tarik agama, politik, dan moral, tetapi ia lahir dari ibu dengan intensitas kontemplasi ketiganya.

Pancasila melekat pada eksistensi manusia, lepas dari cara dan keadaan tertentu secara konkrit. Demokrasi Pancasila memberikan kemerdekaan tak terbatas kepada kebebasan, batas kebebasan adalah hak atas kebebasan itu sendiri. Seperti halnya norma Pancasila, imajinasi seni adalah organisme hidup setiap manusia yang dihidupi dengan potensialitasnya, salah satu cuplikan Dr. Miftahul Munir, M.Hum. yang menjadi salah seorang narasumber dalam kegiatan tersebut

Demokrasi yang baik, tidak hanya membutuhkan proses institusional tetapi juga kondisi politik dan kondisi sosial untuk keberlangsungannya.

Peran aktif seni untuk menanamkan persatuan dalam kemajemukan dan kedinamisannya sebagai fase prakondisi perhelatan demokrasi. Kontestasi demokrasi pada masa pandemi covid 19 sebagai kesetaraan kondusional demi keberlangsungan masyarakat yang berdaulat dan merdeka.

Memilih bukan semata pilihan, tetapi untuk menentukan praktek demokrasi terealisasi dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Kontestasi demokrasi untuk hajat hidup bangsa Indonesia yang lebih adil, makmur, dan sejahtera.

Kegiatan Webinar KPU Goes To Campus Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang dilaksanakan secara zoom meeting berjalan lancar.

(Humas ISI Jogja/081328352391)



Tinggalkan Balasan