km 0 ykSketsa merupakan salah satu kegiatan berseni rupa. Dalam bidang desain interior, sketsa juga merupakan satu bagian penting dalam proses desain. Oleh karena itu, sekelompok mahasiswa PSDI (Program Studi Desain Interior) ISI Yogyakarta yang didukung oleh komunitas Indonesia’s Sketcher Yogyakarta, menggelar acara sketsa bersama sebagai sarana untuk mengasah skill drawing-nya masing-masing sehingga semakin piawai dalam membuat sketsa. Selain itu, kegiatan membuat sketsa bersama yang dilaksanakan di titik O kilometer Kota Yogyakarta tersebut juga dijadikan sarana penyalur hobi membuat sketsa. Dan yang paling penting, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk amal (charity). Oleh karenanya, kegiatan yang digelar hari Sabtu, 07 Desember 2013 tersebut diberi tema “Sketch and Charity.”

Penggagas acara tersebut adalah beberapa orang mahasiswa  PSDI angkatan 2012 yang diketuai oleh Endra Ade W, beranggotakan 9 orang mahasiswa,  Endri Dwi Setyawan, Pratiwi Putri, Yoshida Putri, Nur Alamsyah, Yulian Nandika, Yohanes Noventus, Nindy Sabrina Haq, Rosa Dina Hidayati, dan Hogi Tentra Putra.

Walaupun pada beberapa saat pertama terganggu cuaca, acara yang dimulai pukul 15.00 tersebut dapat memenuhi harapan penyelenggara. Sekitar 50 orang yang terdiri dari mahasiswa PSDI ISI Yogyakarta, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) ISI Yogyakarta, dan Komunitas Indonesia’s Sketcher berpartisipasi bersama-sama membuat sketsa di trotoar jalan di titik nol kilometer Kota Yogyakarta. Beberapa pejalan kaki, wisatawan lokal, wisatawan mancanegara, dan beberapa orang yang kebetulan berada di area tersebut tampak tertarik dan menonton dengan antusias kegiatan tersebut. Hasil sketsa mereka didisplay dan dilelang untuk kemudian hasilnya disumbangkan kepada panti asuhan yang telah ditentukan.

Sketch&Charity-3                Sketch&Charity-2