ISI Yogyakarta Selenggarakan Pentas Teater Musikal Ambarasta

Setelah sukses dalam pertunjukan teater musikal Niskala Nawasena pada pementasan sebelumnya, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta kembali menggelar teater Musikal dengan judul Ambarasta. Pertunjukan kolosal yang menggabungkan unsur teater, tari, musik etnik, musik Moderen, dan pedalangan ini di pentaskan pada hari Jumat, 31 Mei 2024, pukul 19.30 wib di Plaza FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Jl. Parangtritis KM 6,5 Sewon Bantul sebagai rangkaian dari acara Lustrum ISI Yogyakarta ke-8. Pertunjukan ini digelar rangka memeriahkan Dies Natalis ke-40 atau Lustrum ke-8 ISI Yogyakarta.

Pertunjukan kolosal berjudul judul Ambarasta dibuka oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek) Periode 2020 sampai dengan 2024. Pertunjukan ini juga disaksikan oleh Rektor ISI Yogyakarta dan pimpinan di lingkungan ISI Yogyakarta, delegasi Universitas Indonesia, mahasiswa ISI Yogyakarta dan masyarakat umum. Menurut Haryanto, M.Sn. selaku koordiantor Kegiatan Dies Natalis ISI Yogyakarta dari Fakultas Seni Pertunjukan, penonton pertunjukan ini melebihi target dan kami terpaksa menutup form pendaftaran.

Ambarasta merupakan kisah lanjutan dari cerita Niskala Nawasena, Setelah Niskala berhasil merebut kembali kerajaan Dwipantara dari pemberontakan pasukan Ahengkara, Niskala dinobatkan sebagai Ratu yang memimpin kerajaan. Kisah Ambarasta merupakan metafora sebagai seruan untuk bela Negara kepada generasi emas Indonesia. Niskala adalah gambaran bumi Indonesia yang menawan di mata seluruh negara. Kemasyhuran bumi pertiwi ini selalu menjadi perhatian dunia global. Sebagai Negara yang memiliki kekayaan alam melimpah, Indonesia akan selalu mengalami cobaan dan gangguan baik dari luar maupun dalam negeri seperti; perpecahan, radikalisme, multi krisis, dekadensi moral dll. Menumbuhkan cinta tanah air dan menanamkan semangat bela Negara pada generasi muda Indonesia adalah langkah nyata untuk kepastian kehidupan generasi kita dimasa mendatang.

Pertunjukan ini merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa berbagai program studi yang ada di Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Naskah Ambarasta ditulis dan disutradari oleh: Rano Sumarno, M.Sn,  penata lagu: Puput Pramuditya, M.Sn., Penata Iringan: Warsana, M.Sn., Penata Tari: Galih Suci Manganti, M.A., dan Penata Wayang: Aneng Kiswantoro, M.Sn. pertunjukan ini melibatkan seratus lima puluh mahasiswa dari fakultas seni pertunjukan ISI Yogyakarta.  Semoga tahun depan pertunjukan serupa dapat diselenggarakan.

 

Rektor memberikan sambutan

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D membuka pementasan

Pentas Teater Musikal Ambarasta