Institut Seni Indonesia Yogyakarta menyelenggarakan wisuda semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021 dengan menggunakan blended system, luring terbatas dan daring. Wisuda blended system ini diikuti oleh wisudawan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana ISI Yogyakarta yang berjumlah 339 wisudawan. Untuk wisuda luring terbatas diikuti oleh 221 wisudawan yang terbagi menjadi empat kali prosesi dan sisanya mengikuti wisuda secara daring. Jumlah total 339 wisudawan terdiri dari 39 orang Ahli Madya (D3), 8 Sarjana Terapan (D4), 263 Sarjana Seni Strata Satu (S1),  22 Magister (S2) dan 7 Doktor (S3). Fakultas Seni Pertunjukan meluluskan 73 orang, Fakultas Seni Rupa 150 orang, Fakultas Seni Media Rekam 87 orang, Program Studi Seni meluluskan Magister Seni 16 orang, Program Studi Tata Kelola Seni meluluskan Magister Tata Kelola Seni 6 orang, Program Doktor meluluskan 6 orang Doktor bidang Pengkajian dan 1 orang Doktor bidang Penciptaan.

Dari jumlah lulusan tersebut, dengan bangga diinformasikan sebanyak 70 orang yang meraih Predikat Cumlaude. Cumlaude dari Program Diploma 3 sebanyak 12 orang, Program Diploma 4 sebanyak 3 orang, dan Program Sarjana Strata 1 sebanyak 55 orang. Bahkan diantara lulusan tersebut 8 orang telah lulus uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ISI Yogyakarta.

Prosesi wisuda akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 30 Maret 2021 sampai dengan 1 April 2021. Pada tanggal 30 dan 31 Maret 2021 prosesi wisuda dilaksanakan secara luring terbatas di Concert Hall ISI Yogyakarta dengan dua prosesi wisuda setiap harinya, prosesi wisuda pagi dan siang setiap harinya. Sedangkan, pada tanggal 1 April 2021 prosesi wisuda dilakukan secara daring dari kediaman mahasiswa dan hanya dilaksanakan pada sesi pagi.  Untuk sesi luring terbatas setiap sesinya dibatasi maksimal diikuti oleh 61 wisudawan. Wisuda luring terbatas hanya boleh diikuti oleh wisudawan tanpa orang tua atau wali pendamping. Dengan konsep ini diharapkan mampu mengurangi kerumunan massa dan mematuhi Protokol Covid-19

Proses wisuda dengan blanded system  ini diawali dengan upacara sidang senat terbuka terbatas ISI Yogyakarta. Dan selanjutnya diteruskan dengan proses wisuda untuk wisudawan dari tiga fakultas dan satu program pascasarjana yang ada di ISI Yogyakarta.

Wisuda dengan blanded system ini dipilih agar wisudawan tetap dapat merasakan prosesi wisuda secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker ketika proses wisuda dan wisudawan wajib menunjukan hasil rapid test atau rapid anti gen sehingga dapat memperkecil potensi penularan virus Covid-19.  Sebelum pelaksanaan wisuda dengan blanded system, ISI Yogyakarta telah berkonsultasi dan mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid Bantul.

Senat memasuki ruang upacara wisuda

Ketua Senat membuka sidang senat

Proses wisuda