Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, perayaan Dies Natalis Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ke-36 akan berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. ISI Yogyakarta akan menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-36 secara virtual pada 30 Mei 2020.

Pada konferensi pers di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta, Selasa (19/5/2020), Rektor ISI Yogyakarta, Prof Dr. M. Agus Burhan, M.Hum menyampaikan bahwa Dies Natalis ke-36 bertema “SDM Unggul: Kreatif, Inovatif dan Berkebangsaan. Belajar dari Pandemi Corona” diisi kegiatan pokok yaitu sidang senat terbuka, seminar dan pameran.

Sidang Senat Terbuka yang dijadwalkan digelar pada Sabtu (30/5/2020) akan diselenggarakan sesuai protokol kesehatan Covid-19, dihadiri terbatas maksimal sepuluh orang terdiri dari ketua senat, sekretaris senat, anggota senat, dan pembawa acara. Pada acara tersebut akan disampaikan pidato dan laporan tahunan oleh Rektor dilanjutkan Pidato Ilmiah “Membangun Karakter dan Identitas Meneladan Kreativitas dan Inovasi Sri Sultan Hamengku Buwono I” oleh Dr. Raharja, S.Sn., M.M.

Kegiatan seminar akademik juga akan berlangsung virtual dengan tema Kreativitas dan Kebangsaan: Seni Menuju Paruh Abad 21. Kegiatan ini dimulai dengan call of paper sejak 25 April sampai 5 Mei 2020. Panitia menerima 101 abstrak, terpilih 33 abstrak yang dilanjutkan menjadi naskah ilmiah oleh masing-masing penulis. Tahun ini tidak ada Konferensi tatap muka sebagai bagian dari seminar akademik, namun panitia akan mengadakan Peluncuran Buku “Kreativitas & Kebangsaan: Seni Menuju Paruh Abad XXI”pada 17 Agustus 2020.

Selain itu, akan diselenggarakan pula Pameran & Tayang Virtual Seni “Kreatif di Tengah Pandemi” pada 1-30 Agustus 2020.