FSR ISI Yogyakarta Selenggarakan Pameran Bertajuk Trans-Form(A)otion

Fakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta akan menyelenggarakan pameran seni rupa bertajuk “TRANS-FORM(A)OTION”  pada 25 sampai 31 Mei 2024, di Galeri R.J. Katamsi dan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Pameran ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Lustrum ke-8 atau perayaan 40 tahun usia, ISI Yogyakarta. Pameran bertajuk  TRANS-FORM(A)OTION”    akan  menampilkan beragam karya seni rupa, desain, kriya, fesyen, dan seni digital, mulai dari gaya tradisional hingga kontemporer karya dosen, mahasiswa, alumni dan mitra kerjasama internasional FSR ISI Yogyakarta.

Pembukaan pameran akan dilaksanakan pada 25 Mei 2025, di Galeri R.J. Katamsi ISI Yogyakarta, pukul 19.00 – 21.00 WIB dan dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn.  Bersamaan dengan pembukaan pameran “TRANS-FORM(A)OTION” akan digelar fashion show yang akan menampilkan 20 karya terbaik mahasiswa Program Studi D4 Desain Mode Kriya Batik.

Rangkaian kegiatan pameran juga akan dimeriahkan dengan penyelenggaraan workshop kreatif yang mewujudkan misi berkreasi  mendaur ulang. Di workshop ini para kreator akan berbagi ilmu bagaimana memanfaatkan sampah di sekitar kita sebagai media untuk karya seni dan kreatif, dengan fokus pada pentingnya pengolahan, daur ulang dan mengubah produk yang tidak hanya bermanfaat, namun juga membantu melindungi lingkungan. Kegiatan ini akan diselenggarakan dalam dua hari dimana yang pertama menyasar siswa dari kalangan atas sekolah/sekolah kejuruan yang berada di sekitar kampus ISI Yogyakarta sebagai peserta. Workshop ini juga dibalut dengan sosialisasi konteks kampus kita dan diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta khususnya di mengelola dan memanfaatkan sampah untuk menghasilkan karya seni yang kreatif dan inovatif.

Tema pameran “TRANS-FORM(A)OTION” memadukan dua dimensi makna yang luas untuk memberikan gambaran mendalam tentang transformasi seni rupa: Trans-Formation dan Trans for Motion. Dari fondasi seni tradisional yang kokoh hingga eksplorasi seni kontemporer tanpa batas, pengunjung diajak untuk merasakan perjalanan perubahan ini.

Pameran bertajuk “TRANS-FORM(A)OTION” terbuka bagi masyarakat umum. Masyarakat yang ingin menyaksikan pameran dapat mengunjungi Galeri R.J. Katamsi dan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, mulai pukul 10.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Poster pameran