Workshop: Senin s/d Rabu, 7-9 November 2011 Jam 09.00-14.00, Tempat Auditorium Jurusan Musik
Konser
:  Kamis  10 November 2011. Gladi kotor: 09.30-12.00, Gladi Bersih: 16.00-18.00, Konser: 19.30-21.30. Tempat: Concert Hall ISI Yogyakarta

[K]egiatan paduan suara (choir) adalah unit yang jarang diminati mahasiswaan pada umumnya. Walaupun demikian bukan berarti kegiatan paduan suara di perguruan tinggi tidak hidup sama sekali, bahkan tidak jarang kelompok-kelompok paduan suara pada perguruan tinggi non-seni justru memiliki presatsi yang lebih baik daripada perguruan tinggi seni sendiri. Sehubungan dengan itu Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta, sebagai pusat unggulan dalam pendidikan musik nasional, merasa terpanggil untuk melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas melalui kegiatan konser dan workshop di bidang paduan suara. Jika tahun lalu Jurusan Musik telah menyelenggarakan workshop paduan suara oleh Prof Andre de Quadros dari Boston University, USA, maka pada tahun ini atas terjalinnya kerjasama antara ISI Yogyakarta dengan Goethe Institut, Juruan musik menyelenggarakan konser dan workshop oleh paduan suara Jazz-Pop “Fabulous Fridays” dari Berlin University of Arts.

Kerja sama ini dilandasi oleh kunjungan langsung delegasi Goethe Institut keFSP beberapa waktu sebelum kepengurusan baru Jurusan Musik berjalan sejak April 2011. Kunjungan tersebut ditindak lanjuti dengan kontak e-mail di antara Dekan FSP dengan, Ms Christina Schort,selaku penghubung Goethe Institut. Atas permintaan Dekan FSP Jurusan Musik kemudian memberikan tanggapan positif dan melanjutkan perintisan rencana kerja sama. Setelah mendapatkan kunjungan awal dari penghubung yang disusul dengan kunjungan Hanz Werner, wakil direktur program Goethe Institut, perintisan kerja samapun diproses hingga penandatangan dokumen kerja sama di antara kedua belah pihak, yaitu Rektor ISI Yogyakarta dan Direktur Goethe Institut. Isi perjanjian kerja sama tersebut telah dipertimbangkan sehingga saling menguntungkan dan tidak memberatka kedua belah pihak.Di antaranya ISI Yogyakarta menanggung antar jemput rombongan artis mulai dari bandara ke hotel dan selama kegiatan dari hotel ke kampus ISI Yogyakarta, hingga kembalinya mereka ke airport Yogyakarta. Sementara itu Goethe Institut menanggung semua biaya konsumsi acara. Penjalinan kerjasama untuk bidang seni musik ini diharapkan akan membuka jalan bagi pengembangan kerja sama di bidang-bidang seni yang lain di masa yang akan datang.

Chorus Pop-Jazz Fabulous Fridays

The Fabulous Fridays adalah paduan suara jazz pop modern dari Berlin yang bersekretariat di Berlin University of the Arts, di bawah pimpinn (conductor) Michael Betzner-Brandt.Kelompok ini didirikan pada tahun 2003 dan digalakkan lagi tahun 2009. Saat ini beranggotakan 19 penyanyi yang menemukan dan menciptakan gaya musik vokal jazz-pop music, yang terkait dengan budaya musik di Berlin. Tahun 2009 melakukan tur ke China dan kemudian memenangkan Juara Pertama pada Berlin Choir Competetion. Tahun 2010 menerbitkan CD yang pertama dengan judul: “An einem Freitag in Berlin.” Di samping itu kelompok ini juga meraih Juara Kedua pada German Choir Competition in Dortmund dan pada bhulan September tahun ini memperoleh special prize:“A Concert with Maybebop.”Saat ini sedang mempersiapkan untuk partisipasi dalam the Aarhus Vocal Festival.

Bentuk Kegiatan

Workshop: Workshop diikuti oleh seluruh mahasiswa vokal dan mahasiswa lain di Jurusan Musik yang tertarik mengikutinya. Peserta dibagi ke dalam dua kategori yaitu: 1) peserta aktif, dan 2) peserta pasif. Peserta aktif terdiri dari 20 mahasiswa vokal dan seorang dosen vokal. Kegiatan peserta aktif ialah mengikuti latihan-latihan bersama keduapupuh anggota Fabulous Fridays, meliputi pengembangan teknik-teknik menyanyi paduan suara dan pelatihan repertoar konser yang terdiri dari lagu-lagu Jerman dan lagu-lagu Indonesia. Peserta pasif haya menyaksikan dengan tertib kegiatan-kegiatan workshop.

Konser: Dilakukan oleh kelompok Fabulous Fridays dengan melibatkan (berkolaborasi dengan) peserta aktif dari kegiatan workshop.