Pada Senin, 20 Maret 2023, ISI Yogyakarta menyelenggarkan penandatangan MoU dengan Museum Haji Widayat. Dalam prosesi penandantangan MoU ini, ISI Yogyakarta diwakili, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. selaku rektor dan Museum Haji Widayat diwakali oleh Fajar Purnomo Sidi selaku direktur museum. Pada kesempatan ini juga ditandatangani perjanjian kerjasama antara Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta dan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dengan Museum Haji Widayat. Penandatanganan dokumen kerjasama ini dilakukan dalam rangka implementasi Tri Dharma Pendidikan Tinggi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan konservasi koleksi museum.

Museum menyimpan koleksi yang memungkinkan masyarakat memperoleh ilmu pengetahuan dari koleksi museum. Untuk itu, penting bagi museum  agar menjaga keutuhan koleksi museum sehingga dapat diakses oleh masyarakat. Melihat urgensi koleksi bagi ekstensi museum, ISI Yogyakarta dan Museum Haji Widayat melakukan penandatanganan MoU. Untuk mendukung implementasi kerjasama tersebut maka disusun perjanjian kerjasama antara Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta dan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dengan Museum Haji Widayat. Di dalam perjanjian kerjasama antar 3 Fakultas di lingkungan ISI Yogyakarta termuat kerjasama terkait konservasi objek seni, program magang, dan penyelenggaraan workshop di bidang seni budaya.

Dalam sambutannya, Rektor ISI Yogyakarta menyampaikan “Haji Widayat merupakan salah satu seniman besar dan tenaga pengajar Akademi Seni Rupa Indonesia yang merupakan cikal-bakal lahirnya ISI, untuk itu sudah selayaknya jika ISI Yogyakarta juga mendukung pemeliharaan dan pengelolaan museum”. Beliau juga menyampaikan jangan sampai dokumen kerjasama yang telah ditandatangani menjadi MoU tidur. Fajar Purnomo Sidi selaku Direktur Museum juga menyampaikan bahwa dokumen kerjasama ini akan benar-benar menjadi dasar dalam kegiatan bersama yang akan dilakukan ISI Yogyakarta dan sangat gembira dengan respon ISI Yogyakarta atas respon permohonan yang diajukan Museum Haji Widayat. Kerjasama ini diharapkan menguntungkan kedua belah pihak.

Penandatanganan MoU Museum Widayat – ISI Yogyakarta

Penandatanganan PKS Museum Widayat – FSMR ISI Yogyakarta

Penandatanganan PKS Museum Widayat – FSP ISI Yogyakarta