Dosen ISI Yogyakarta Menjadi Pembicara Webinar Bertajuk “Preserving Historical Objects”

Dosen Program Studi Tata Kelola Seni, FSR ISI Yogyakarta, Dr. Mikke Susanto, MA. menjadi salah satu pembicara dalam webinar bertajuk “Preserving Historical Objects”. Webinar ini merupakan rangkaian kegiatan webinar & workshop Budaya Jawa 2021 yang diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta. Rencananya webinar akan akan dilaksanakan pada  Sabtu, 17 Juli 2021, pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB. Pada webinar ini, Dr. Mikke Susanto akan menyampaikan tentang tindak lanjut, studi, atau peluang yang dapat dilakukan apabila pengelolaan benda bersejarah di Indonesia dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

Pembicara lainnya dalam webinar ini adalah Dr Matthew Cohen dari Yale University, Amerika Serikat. Dr Matthew Cohen akan berbicara terkait pembelajaran yang terkandung dalam kisah wayang-wayang yang tersimpan di Yale University, terutama wayang panji yang bersumber dari budaya asli Indonesia. Banyak benda bersejarah dari Indonesia yang saat ini disimpan di luar negeri. Di Yale University, Amerika Serikat misalnya, menyimpan dan mempelajari lebih dari 20.000 koleksi wayang dari Jawa.

Webinar ini akan dimoderatori oleh Bonie Triyana sejarawan dan pemimpin redaksi historia.id. historia.id. merupakan salah satu institusi yang telah menyelenggarakan beberapa diskusi tekait pemulangan benda bersejarah dari Indonesia di luar negeri, termasuk keris dari Pangeran Diponegoro.
Webinar bertajuk “Preserving Historical Objects” terbuka bagi masyarakat umum. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti webinar ini dapat memperoleh tiketnya melalui: symposium.kratonjogja.id. informasi lengkap terkait webinar ini dapat diperoleh melalui kanal media resmi @kratonjogja.

 



Tinggalkan Balasan