Desain Mahasiswa Kriya ISI Yogyakarta Terpilih Sebagai Desain Motif Batik Tik Tok dan Tokopedia

Desain Batik Karya Mahasiswa Kriya, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta terpilih sebagai desain motif batik pelaku UMKM yang berafiliasi dengan Tik Tok dan Tokopedia. Mahasiswa Kriya, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta yang desainnya batiknya terpilih antara lain Tri Istini dengan karya berjudul “Batik Lereng Kenikir”, Dyah dengan motif batik berjudul “Batik Warisan Budaya” dan Khansa Syahla dengan karya “Batik Tumbuhan Sentuhan Parang”. Karya-karya mahasiswa tersebut diperkenalkan kepada publik bersamaan dengan peluncuran kampaye “MelokalDenganBatik” yang diluncurkan oleh Shop | Tokopedia pada Senin, 5 Februari 2024, di Hotel Tentrem Yogyakarta. Shop | Tokopedia platform belanja online hasil kolaborasi Tik Tok dan Tokopedia.

Desain motif batik karya mahasiswa ISI Yogyakarta akan digunakan pelaku UMKM batik dan penjual batik yang berafiliasi dengan Shop | Tokopedia. Motif batik yang menarik menjadi salah satu motivasi masyarat dan pasar untuk membeli batik yang dihasilkan oleh pelaku UMKM batik. Motif batik yang berganti setiap bulan akan mendorong masyarakat untuk membeli batik setinga bulannya sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM batik dan penjual batik.

Setiap bulan mahasiswa Kriya ISI Yogyakarta akan  berperan sebagai desainer yang berdiskusi dengan penjual dan pelaku UMKM batik. Mahasiswa akan berdiskusi tentang ciri khas, preferensi pasar, tren fashion untuk mendesain motif batik. Motif batik selanjutkan akan dikirim dalam format digital kepada pengrajin atau penjual untuk memproduksi motif tersebut menjadi kain batik dan baju.

Penyedian motif batik  oleh mahasiswa ini merupakan bentuk implementasi kerjasama antara ISI Yogyakarta dengan TikTok dan Tokopedia. Kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan batik sehingga mampu berpartisipasi dalam peningkatan kesejateraan pelaku UMKM batik dan penjual batik.

Mahasiswa berfoto bersama karya dan Pimpinan ISI Yogyakarta