Hari Senin pagi 12 April 2021, LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mengawali pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) serentak secara nasional di seluruh Indonesia. ISI Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi seni negeri dipercaya untuk menjadi salah satu penyelenggara.

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum memukul gong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta tepat pada pukul 07.15 WIB di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta. Pembukaan ini dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan ISI Yogyakarta diantaranya adalah Pembantu Rektor I sekaligus Ketua Pusat UTBK ISI Yogyakarta, Pembantu Rektor II, Pembantu Rektor III, para Dekan dari ketiga fakultas, Kepala Biro, Kepala UPT, serta sejumlah panitia.

Sebanyak 4.674 peserta mengikuti UTBK 2021 di Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta dengan rincian peserta dari DIY sejumlah 3.916 peserta sedangkan peserta dari luar DIY sejumlah 758 peserta. Seluruh proses pelaksanaan UTBK menerapkan standar dan protokol kesehatan yang ketat. Pelaksanaan UTBK 2021 tersebar di 6 gedung di seluruh ISI Yogyakarta yang totalnya memanfaatkan 11 lab komputer.

Pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta dirancang agar tidak menimbulkan kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk ruang dan menggunakan masker. Demi menjaga protokol kesehatan maka seluruh peserta akan terbagi dalam 24 sesi sehingga setiap sesi diikuti setidaknya oleh 205 orang yang terbagi dalam 11 lab komputer. Setiap lab komputer juga telah diatur untuk hanya digunakan

sebanyak 50 persen dari kapasitasnya.

Selain menjalani cek suhu tubuh ketika akan memasuki ruang UTBK para peserta juga wajib menunjukkan surat keterangan non reaktif / negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen / tes genose yang berlaku 3 x 24 jam. Semua ini dilakukan dengan pengawasan panitia yang telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul.

UTBK 2021 di ISI Yogyakarta, terdiri atas dua tahap, yaitu tahap satu dari 12-18 April dan tahap dua dari 26-30 April 2021. Peserta dapat memilih materi tes untuk kategori Saintek, Soshum ataupun dapat memilih materi tes untuk kategori Campuran.

Khusus untuk hari pertama akan diadakan bagi tes kategori Campuran yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Tes Potensi Akademik Saintek dan dilanjutkan Tes Potensi Akademik Soshum. Pelaksanaan UTBK hari pertama akan dimulai tepat pukul 07.15 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB.

Hari selanjutnya akan digunakan untuk tes kategori Saintek dan Soshum secara bersamaan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi akan dimulai tepat pukul 07.15 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Sedangkan sesi siang akan dimulai tepat pukul 13.20 WIB dan berakhir pukul 16.35 WIB.

UTBK ini merupakan seleksi masuk PTN gelombang ke dua melalui Jalur SBMPTN setelah beberapa bulan sebelumnya sudah digelar melalui Jalur SNMPTN. Peserta yang tak lolos UTBK masih bisa mencoba peruntungan untuk mendaftar seleksi gelombang ke tiga lewat Jalur Mandiri ISI Yogyakarta.

Sambutan Rektor ISI Yogyakarta