Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018

ISI Yogyakarta memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 pada hari Senin, 29 Oktober 2018, bertempat di Halaman Gedung Sendratasik/Rektorat Lama. Sebagai Inspektur Upacara yaitu Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., dengan Pemimpin Upacara Sdr. Johan Fahrudin dari Subbag. Rimah Tangga. Dalam kesempatan ini dibacakan pula Teks Konggres Pemuda Indonesia 1928 oleh Mahasiswa ISI Yogyakarta. Upacara diikuti oleh seluruh pimpinan ISI Yogyakarta, serta dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Dalam upacara ini, Inspektur Upacara membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang berjudul “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” di hadapan para peserta upacara. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Revolusi mental yang dicanangkan oleh bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo, amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu, revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju,” imbuhnya.

Share Button