Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

Selasa, 11 Desember 2018, bertempat di Ruang Rapat 3 Gedung Rektorat Lantai 3 telah diselenggarakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK sewilayah Kabupaten Bantul. Acara dibuka dengan sambutan dari Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Prof. Dr. I Wayan Dana, S.ST., M.Hum., dilanjutkan dengan pemberian materi sosialisasi oleh Kepala BAAKPSI, Dra. RA. Esti Hapsari Saptiasih.

Dalam kegiatan ini disampaikan dua materi pokok yaitu sosialisasi pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN serta sosialisasi pendaftaran PMB Jalur Mandiri. Seperti yang disampaikan bahwa tahun ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital. Untuk itu mulai tahun 2019 Kemenristekdikti akan memberlakukan kebijakan di bidatng seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru. LTMPT berfungsi: (1) mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN; (2) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sedangkan untuk sosialisasi Jalur Mandiri dipaparkan penjelasan mengenai sistem seleksi dan program studi yang ada di ISI Yogyakarta.

Sambutan oleh Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta
Pemberian materi sosialisasi
Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sekolah se-Kabupaten Bantul
Share Button