0274 - 379133, 373659

Sidang terbuka Dies 28

“Pada dasarnya sejarah kebudayaan manusia adalah rangkaian usaha manusia untuk mencari jawaban tentang nilai dasar identitasnya. Pertama, pertanyaan tentang kebenaran etika yang menjadi arahan hidup bermasyarakat, dan kebenaran metafisika serta transendennya. Jawaban pertanyaan tersebut ada pada domain agama dan filsafat. Kedua, pertanyaan tentang esensi dunia fisik yaitu rahasia alam lingkungan. Jawabannya ada pada sains. Ketiga, pertanyaan tentang apa yang indah, bagus, harmoni, selaras, dan buruk. Jawabannya ada pada seni dan budaya.  Demikianlah cuplikan pidato ilmiah Prof. Dr. Yudiaryani, M.A. pada Sidang senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ISI Yogyakarta yang ke 28 pada hari Rabu 30 Mei 2012 di Konser Hal.

Bersamaan dengan acara itu dilangsungkan penganugerahan EMPU AGENG SENI kepada Bapak Abas Alibasyah. Untuk kesekian kalinya ISI Yogyakarta memberikan penghargaan yang layak diberikan kepada tokoh yang berprestasi dan memiliki kompetensi seni tertentu.  Ini merupakan konsekwensi institusional ISI Yogyakarta sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi kesenian yang mengemuka di kancah nasional dan internasional. Lembaga pada kesempatan ini akan melanjutkan lagi sebuah kegiatan penganugrahan yang mentradisi untuk memberikan kepada salah seorang tokohnya yang memiliki dedikasi dan prestasi kesenian yang tinggi dalam bidang kompetensinya, yaitu gelar EMPU AGENG SENI kepada bapak Abas Alibasyah. Beliau dikenal sebagai salah satu seniman seni lukis moderen di Indonesia dan juga sebagai pengajar seni lukis senior serta pernah menjabat sebagai Direktur di ASRI Yogyakarta dan ASKI Surakarta serta sebagai Ketua STSRI-ASRI Yogyakarta. Sebagai catatan bahwa pada waktu menduduki jabatan tersebut beliau boleh dikatakan telah berhasil men- “Sarjana”kan seniman yaitu pada tataran S1 bagi semua lulusannya. Sehingga memunculkan istilah “Seniman Sarjana” yang cukup mewacana pada waktu itu.

Selain laporan Rektor, pidato ilmiah dan penganugerahan Empu Ageng Seni pada Bapak Abas Alibasyah, juga berlangsung penghormatan purnatugas pada sejumlah karyawan dan dosen yang telah mengabdi dengan penuh dedikasi selama di ISI Yogyakarta.

 Download Pidato Rektor pada Dies 28

Download Pidato Ilmiah

Download Sambutan Promotor Empu Ageng

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.