ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan seni sampai jenjang tertinggi (S3). Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru sampai saat ini belum terintegrasi dengan SNMPTN maupun SBMPTN.

PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA (S1)

Pendidikan Program S1 di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan insan-insan akademik dan praktisi yang kreatif, produktif, sebagai seniman Indonesia yang mendunia, yaitu sarjana yang memiliki kematangan jiwa dan kepribadian serta tanggap terhadap segala bentuk aspirasi masyarakat dan perkembangan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

Penyelenggaraan pendidikan program Sarjana (S1) dengan beban minimal 144 SKS dapat ditempuh dalam waktu antara 6 – 10 semester (Masa studi terpakai 4 – 5 tahun)

PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA TERAPAN (D4) DAN AHLI MADYA (D3)

Pendidikan Program Sarjana Terapan (D4) dan Program Ahli Madya (D3) di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan tenaga ahli terdidik yang siap dan matang dalam menerapkan keahlian sesuai bidang studi yang ditekuni serta mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan. Penyelenggaraan pendidikan program Sarjana Terapan (D4) dengan beban minimal 144 SKS dapat ditempuh dalam waktu antara 6 – 10 semester (Masa studi terpakai 4 – 5 tahun). Pendidikan program Ahli Madya (D3) dengan beban minimal 108 SKS dapat ditempuh antara 6 – 8 semester (Masa studi terpakai 3 – 4 tahun)

PENDIDIKAN PROGRAM AHLI PRATAMA (D1)

Pendidikan Program Ahli Pratama (D1) di ISI Yogyakarta merupakan program kerjasama antara Pemerintah DIY dengan ISI Yogyakarta berdasarkan perjanjian kerjasama nomor: 3396/K14.12.1/PP/2014 tanggal 21 Juli 2014. Program Ahli Pratama (D1) ini diselenggarakan di ISI Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 267/E/O/2014 tanggal 24 Juli 2014. Program ini sebagai rintisan untuk pendidikan vokasional pada Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta (AKNSBY) serta dilaksanakan untuk menghasilkan ketersediaan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dalam rangka melestarikan, mengembangkan dan membina potensi seni budaya lokal. Pendidikan program Ahli Pratama (D1) dengan beban minimal 36 SKS dapat ditempuh antara 2 – 4 semester (Masa studi terpakai 1 – 2 tahun)

PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA

Pendidikan Program Pascasarjana di ISI Yogyakarta diselenggarakan untuk memberi peluang perluasan akses pendidikan lanjut bagi para lulusan sarjana yang akan lebih intens menekuni dibidang penciptaan dan pengkajian seni serta tata kelola seni. Mekanisme dan sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru pascasarjana diatur tersendiri lebih lanjut.

LEGALITAS DAN AKREDITASI

Legalitas Institusi telah terakreditasi B oleh BAN-PT dan sampai saat ini Program Studi yang diselenggarakan untuk jenjang Sarjana (S1) memiliki 15 Program Studi yang legalitasnya terdata dalam PDPT Dikti dan BAN-PT. Akreditasi Program Studi Disain Interior, Disain Komunikasi Visual dan Kriya Seni terakreditasi A, sedangkan Program Studi yang lain terakreditasi B.

Untuk jenjang Program Sarjana Terapan (D4) memiliki 2 Program Studi, dan Untuk jenjang Program Ahli Madya (D3) memiliki 2 Program Studi, Untuk jenjang Ahli Pratama (D1) memiliki 3 Program Studi, serta pada Program Pascasarjana memiliki 3 Program Studi.

PROFIL LULUSAN DAN PELUANG KERJA

Secara umum lulusan ISI Yogyakarta diharapkan mampu merancang, menyusun, dan menyajikan karya seni secara kreatif dan inovatif serta mampu memberikan kontribusi pemikiran dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya yang berkaitan dengan seni dan budaya.

Secara khusus sarjana seni ISI Yogyakarta mempunyai cukup banyak peluang kerja, baik yang bersifat mandiri/berwirausaha yaitu kemampuan mengimplementasikan ilmu yang dikuasai sesuai dengan pendalaman bidang seni masing-masing, sebagai: komposer musik, koreografer tari, penulis naskah lakon, sutradara, event organizer, jurnalis seni dan budaya, penyaji, pemeran, praktisi, desainer, kontraktor desainer interior, perancang desain grafis, seniman, fotografer, Ahli dalam bidang pertelevisian, Ahli dalam bidang Film Animasi dan Animasi Game (Animasi Interaktif), serta bagi yang berminat memperdalam dan mengembangkan ilmu-ilmu seni dapat menjadi: pengkaji/peneliti, kritikus seni, dan kurator.

PROGRAM STUDI YANG DISELENGGARAKAN

A. FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

1. Jurusan Tari

Program Studi S1 Seni Tari
Profil: Koreografer, Peneliti Tari, dan Penari

2. Jurusan Karawitan

Program Studi S1 Seni Karawitan
Profil: Komposer Karawitan, Peneliti Karawitan, dan Pengrawit

3. Jurusan/Program Studi S1 Seni Musik

Profil: Musikolog dan Pengkaji Musik

4. Jurusan/Program Studi S1 Pendidikan Musik

Profil: Pengajar Musik, Perancang Kurikulum Musik, Instruktur/Pelatih Musik, dan Pengaransemen Musik

5. Jurusan/Program Studi S1 Penciptaan Musik

Profil: Komposer, Pengaransemen Musik, Kritikus Musik, dan Ilustrator Musik untuk Film dan Iklan

6. Jurusan /Program Studi D4 Penyajian Musik

Profil: Pemain, Pengaransemen Musik, dan Penyanyi, serta Pelatih Vokal dan Instrumen Musik

7. Jurusan Teater

Program Studi S1 Seni Teater
Profil: Dramaturg, Sutradara, Penulis Naskah, Pemeran, dan Penata Artistik

8. Jurusan Etnomusikologi

Program Studi S1 Etnomusikologi
Profil: Penata/Komposer, dan Peneliti Musik Etnik

9. Jurusan Pedalangan

Program Studi S1 Seni Pedalangan
Profil: Dalang dan Peneliti Pedalangan

10. Jurusan Seni Drama Tari dan Musik

Program Studi S1 Seni Drama Tari dan Musik
Profil: Guru Seni Budaya, Konsultan Pendidikan Seni Budaya, Instruktur/Pelatih Seni Drama, Tari, dan Musik, dan Pengelola Sanggar Seni

 

B. FAKULTAS SENI RUPA

1. Jurusan Seni Murni

Program Studi S1 Seni Rupa Murni
Profil: Seniman (Pelukis, Pematung, Pegrafis, Perupa Intermedia), Peneliti, Kurator, Kritikus di bidang Seni Rupa Murni.

2. Jurusan Kriya

a. Program Studi S1 Kriya Seni
Profil: Kriyawan, Disainer Kriya, Peneliti Kriya, Instruktur Kriya, Konsultan Kriya.

b. Program Studi D3 Batik dan Fashion
Profil: Perancang Batik dan Busana

3. Jurusan Disain

a. Program Studi S1 Disain Interior (Non Reguler)
Profil: Disainer Interior

b. Program Studi S1 Disain Komunikasi Visual (Non Reguler)
Profil: Disainer Komunikasi Visual

c. Program Studi S1 Desain Produk
Profil: Desainer Produk

4. Jurusan Tata Kelola Seni

Program Studi D4 Tata Kelola Seni
Profil: Manajer Seni, Kurator Seni (Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam)

 

C. FAKULTAS SENI MEDIA REKAM

1. Jurusan Fotografi

Program Studi S1 Fotografi (Non Reguler)
Profil: Fotografer dalam bidang Komersial, Jurnalistik, Ekspresi (Fotografi Seni), Peneliti, Wirausaha, dan Penyelia Foto.

2. Jurusan Televisi

a. Program Studi S1 Televisi (Non Reguler)

Profil: Produser (Producer) Film dan Televisi, Sutradara (Director) Film dan Televisi, Penulis Skenario Film (Scriptwriter)/Penulis Naskah Televisi, Sinematografer (Cinematographer), Videografer (Video grapher), Penata Artistik (Art Director) Film dan Televisi, Penata Suara (Sound Designer), Penyunting Gambar (Editor).

b. Program Studi D3 Animasi

Profil: Animasi Game dan Film Animasi

SISTEM SELEKSI

A.      JALUR UMUM/REGULER

Terbuka bagi lulusan SMA/SMK sederajat dengan melalui tes ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru.

B.      JALUR KHUSUS LANJUTAN

  • Memberi kesempatan bagi Lulusan D3 Program Studi sejenis untuk studi lanjut di ISI Yogyakarta
  • Seleksi program Pendidikan Lanjutan hanya dilaksanakan pada Gelombang II
  • Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri formulir pendaftaran yang telah tersedia
  • Melampirkan fotocopy Ijazah D3/setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Melampirkan surat keterangan Akreditasi Perguruan Tinggi asal
  • Mengikuti wawancara dan placement tes sesuai program studi yang dipilih

C.      JALUR NON REGULER

  • Khusus dibuka untuk Program Studi: Disain Komunikasi Visual, Disain Interior (Fakultas Seni Rupa) dan Fotografi, Televisi (Fakultas Seni Media Rekam)
  • Merupakan kelas khusus (Pararel) dari kelas reguler yang telah ada.

PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN

A. ALUR PENDAFTARAN ONLINE
 

Alur Pendaftaran PMB

Silahkan melakukan pendaftaran online di laman:

http://pmb.isi.ac.id

 

Waktu Pendaftaran dan Penyerahan Berkas Verifikasi:  22 Juni s.d 10 Juli 2015

Sebelum melakukan pendaftaran:

1. Unduh dan pelajari terlebih dahulu Panduan Seleksi PMB TA 2015/2016 (sesuai jalur seleksi yang dipilih), berikut ini:

  • [Download not found]
  • [Download not found]
  • [Download not found]

2. Pendaftar hanya bisa memilih 1 (satu) program studi untuk 1 (satu) jalur seleksi.

3. Scan pasfoto terbaru dengan Rasio Foto : 4 x 6, atau max resolusi 300px x 450px (background warna merah), dengan ukuran file maksimal : 200kb, Tipe file : jpg, jpeg, atau png

4. Persiapkan data diri (KTP/KK/SIM/Kartu Pelajar), data asal sekolah, data nomor ijasah/surat keterangan mengikuti UNAS, data nilai SKHUN/Raport semester III, IV, dan V sebagai bahan untuk pengisian formulir pendaftaran online

5. Pastikan komputer yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran sudah ter-install aplikasi untuk mencetak file pdf

 

B. MENCETAK KARTU TANDA PESERTA TEST DAN BIODATA

Setelah mengisi formulir pendaftaran online kemudian Simpan isian data tersebut dan Cetak Kartu Tanda Peserta Test dan Biodata sebanyak 2 (dua) lembar pada kertas ukuran A4 kuarto (diharapkan cetak berwarna). Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata ditandatangani oleh peserta, 1 (satu) lembar harus dibawa saat ujian seleksi masuk, dan satunya lagi dilampirkan bersamaan dengan berkas verifikasi yang lain untuk dikirimkan kepada panitia.

 

C. PENGIRIMAN BERKAS VERIFIKASI

Setelah melakukan pendaftaran, peserta diwajibkan segera mengirimkan Berkas Verifikasi untuk dilakukan proses verifikasi/pengesahan pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan. Berkas verifikasi dikirimkan sesuai dengan syarat dan ketentuan berdasarkan jalur seleksi yang dipilih.

1. Jalur Umum/Reguler, melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. 1 (satu) lembar Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata Peserta (yang sudah ditandatangani),
  2. 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 berwarna (background warna merah)
  3. 1 (satu) lembar fotocopy kartu identitas (KTP/KK, SIM, atau Kartu Pelajar),
  4. Bagi lulusan tahun 2015, melampirkan 1 (satu) lembar fotocopy Surat Keterangan Telah Lulus (SKTL) dan foto copy SKHU Sementara yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah, sedangkan bagi lulusan tahun 2014 dan sebelumnya, melampirkan 2 (dua) lembar foto copy STTB/ljazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
  5. 1 (satu) lembar Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak tetap (petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat
  6. 1 (satu) lembar Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,- ditandatangani Orang Tua/Wali
  7. 1 (satu) lembar Surat Keterangan Sehat Badan dari Dokter sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran, dengan menyatakan dan menyertakan:
    • Sehat paru-paru dan THT, untuk mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan semua Jurusan.
    • Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, untuk mahasiswa semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
    • Tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing program studi di FSP dan FSMR
    • Surat Keterangan Bebas Penggunaan NAPZA untuk semua Fakultas dan Jurusan

2. Jalur Non Reguler, melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. 1 (satu) lembar Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata Peserta (yang sudah ditandatangani),
  2. 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 berwarna (background warna merah)
  3. 1 (satu) lembar fotocopy kartu identitas (KTP/KK, SIM, atau Kartu Pelajar),
  4. Bagi lulusan tahun 2015, melampirkan 1 (satu) lembar fotocopy Surat Keterangan Telah Lulus (SKTL) dan foto copy SKHU Sementara yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah, sedangkan bagi lulusan tahun 2014 dan sebelumnya, melampirkan 2 (dua) lembar foto copy STTB/ljazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
  5. 1 (satu) lembar Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak tetap (petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat
  6. 1 (satu) lembar Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,- ditandatangani Orang Tua/Wali
  7. 1 (satu) lembar Surat Keterangan Sehat Badan dari Dokter sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran, dengan menyatakan dan menyertakan:
    • Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, untuk mahasiswa semua Program Studi
    • Tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing program studi di FSMR.
    • Surat Keterangan Bebas Penggunaan NAPZA untuk semua Fakultas dan Jurusan

3. Jalur Khusus/Lanjutan, melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. 1 (satu) lembar Kartu Tanda Peserta Tes dan Biodata Peserta (yang sudah ditandatangani),
  2. 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 berwarna (background warna merah)
  3. 1 (satu) lembar fotocopy kartu identitas (KTP/KK, SIM, atau Kartu Pelajar),
  4. 2 (dua) lembar Surat permohonan kepada Rektor (format terlampir)
  5. 2 (dua) lembar foto copy STTB/ljazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
  6. 2 (dua) lembar fotocopy Ijazah D3/setara dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  7. 2 (dua) lembar SK/Sertifikat Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi Asal dari BAN-PT
  8. 1 (satu) lembar Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak tetap (petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat
  9. 1 (satu) lembar Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,- ditandatangani Orang Tua/Wali
  10. 1 (satu) lembar Surat Keterangan Sehat Badan dari Dokter sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran, dengan menyatakan dan menyertakan:
    • Sehat paru-paru dan THT, untuk mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan semua Jurusan.
    • Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, untuk mahasiswa semua Program Studi kecuali di Seni Karawitan
    • Tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing program studi di FSP.
    • Surat Keterangan Bebas Penggunaan NAPZA untuk semua Fakultas dan Jurusan

Berkas Verifikasi tersebut dimasukkan ke dalam stopmap sesuai fakultas masing-masing:

  • warna merah muda untuk Fakultas Seni Pertunjukan
  • warna biru untuk Fakultas Seni Rupa
  • warna kuning untuk Fakultas Seni Media Rekam

kemudian dikirim via pos atau datang langsung ke alamat :

Sekretariat Panitia PMB ISI Yogyakarta
BAAKPSI
Gedung Rektorat ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis Km. 6,5 Yogyakarta 55001
Telp. (0274) 379133, 373659

dengan ketentuan berkas tersebut sudah harus diterima panitia paling lambat:

  • Gelombang II
  1. Jalur Khusus, Umum/Reguler, dan Non Reguler : 10 Juli 2015 jam 11.00 WIB

(Keterlambatan penyampaian berkas verifikasi dan berkas yang tidak lengkap akan berakibat dinyatakan TIDAK LOLOS VERIFIKASI sehingga tidak dapat mengikuti ujian seleksi)

 

D. JADWAL SELEKSI

Tabel_JADWAL

 

E. UJIAN SELEKSI

Peserta yang telah dinyatakan Lolos Verifikasi dapat mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal yang telah ditentukan

  • Tempat penyelenggaraan ujian seleksi di masing-masing program studi sesuai jadwal dan kapasitas ruangan.
  • Test dimulai pukul 08.00 WIB dan peserta dimohon hadir 30 menit sebelum test dimulai
  • Peserta wajib membawa Kartu Tanda Peserta Test

 

F. PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI.

  • Hasil Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2015/2016 akan diumumkan di Fakultas masing-masing dan melalui media cetak yang terbit di Yogyakarta serta laman https://isi.ac.id.

 

G. BIAYA KULIAH DAN DAYA TAMPUNG

Berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor: 97/E/KU/2013 tanggal 5 Februari 2013 perihal Uang Kuliah Tunggal mulai Tahun Akademik 2013/2014, maka biaya yang wajib dibayarkan bagi Mahasiswa yang dinyatakan diterima pada saat Registrasi, adalah antara Rp 500.000,- sampai dengan Rp 3.500.000,- (khusus mahasiswa asing Rp 8.000.000,-).

Tabel BIAYA UKT

 

H. LAIN-LAIN

Silahkan unduh file penunjang berikut ini:

[Download not found]

[Download not found]

[Download not found]

[Download not found]

[Download not found]