Putu Wijaya Mendapat Anugerah Gelar Doktor HC dari ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta, akan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada Putu Wijaya, Rabu 21 Februari 2018 di Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Putu Wijaya dinilai sangat berjasa atas karyanya yang luar biasa bagi pengembangan ilmu dan seni, khususnya teater, serta penemuannya bagi peningkatan kualitas penerapan nilai-nilai karakter bangsa.

Dekan Fakultas seni pertunjukan Prof Yudi Aryani mengatakan penganugerahan Doktor H.C. adalah suatu capaian pengakuan tertinggi di ranah akademik berdasarkan suatu proses pembelajaran yang dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh dari proses panjang berkesenian Putu Wijaya yang akan disampaikan di hadapan Sidang Senat Terbuka ISI Yogyakarta.

“Penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa ini terlaksana dengan proses persiapan cukup panjang, Dimulai dari tahun 2016, yaitu mulai pengusulan dari tingkat jurusan/program studi dan seleksi ketat dari tingkat fakultas hingga akhirnya persetujuan di tingkat institut,” jelas Prof Yudi dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut dikatakan Yudi proses berikutnya masih menunggu penetapan dari tingkat kementerian. Sampai akhirnya, acara penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa kepada I Gusti Ngurah Putu Wijaya, S.H. terlaksana.

Putu Wijaya pernah menjadi tenaga pengajar luar biasa (TPLB) Jurusan Teater dari tahun 2004 hingga tahun 2007, melakukan kegiatan kolaborasi antara Teater Mandiri dengan mahasiswa Jurusan Teater untuk pentas keliling ZOOM tahun 2007, dan terlibat menjadi pemain dalam pementasan lakon KERETA KENCANA yang disutradarai oleh Adinda Usin Muka untuk ujian Tugas Akhirnya di tahun 2010 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Selain acara penganugerahan Gelar Dr.H.C. IGN Putu Wijaya S.H. Rabu malam tgl 21 Februari 2018 pukul 20.00 WIB di Gedung Teater Arena FSP ISI Yogyakarta diselenggarakan juga Pertunjukan drama OH karya Putu Wijaya oleh Teater Mandiri dengan sutradara Putu Wijaya.

Kamis tgl 22 Februari diselenggarakan Seminar nasional dengan tema: Rupa dan Tubuh Teater Kotemporer Indonesia. Nara Sumber Dr. (H.C) Ptutu Wijaya, Prof Dr. R.I. Bambang Sugiharto (UNPAR Bandung), Cok Sawitri (Bali). Bertempat di Gedung Concert Hall ISI Yogyakarta. ( okta)

Sumber: https://www.cakrawala.co/2018/02/20/putu-wijaya-mendapat-anugerah-gelar-doktor-hc-dari-isi-yogyakarta/

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.