free slot games

Seni Rupa Murni

[P]rogram Studi Seni Rupa Murni adalah bagian dari Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta yang mengajarkan seni rupa yang penciptaannya didorong oleh kebutuhan nurani atau spiritual yang bersifat subjektif dan tidak secara langsung terkait dengan kebutuhan praktis atau fungsional. Tujuan pendidikan Jurusan Seni Murni adalah menghasilkan sarjana seni rupa Murni yang memiliki kualifikasi mampu mengungkapkan konsep seninya dan mewujudkannya ke dalam karya seni rupa, serta mampu menganalisis berbagai bentuk karya seni rupa murni secara teoretik.

Seni Lukis, Seni Patung, dan Seni Grafis merupakan bidang keahlian unggulan dalam pendidikan seni sejak pendidikan akademis didirikan dengan nama ASRI yang dibentuk tahun 1950 di Yogyakarta. Hasil kreativitas penciptaan seni yang dihasilkan oleh para mahasiswa ASRI telah memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembang an kese ni an nasional khususnya di bidang seni rupa

Jurusan Seni Rupa Murni mengembangkan dan melaksanakan pendidikan seni rupa murni yang berwawasan nasional dan internasional melalui proses studi yang ideal baik dalam bidang penciptaan maupun pengkajian.

Program Studi Seni Rupa Murni Jurusan Seni Murni Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta menghasilkan Sarjana Seni Murni dalam bidang Penciptaan dan Pengkajian dengan kualifikasi sebagai berikut:

  • Secara filosofis, para lulusan memiliki wawasan budaya, mampu menghayati, meng amalkan, dan mengimplementasikan kemampuannya dalam wacana seni rupa pada umumnya, serta seni rupa murni pada khususnya.
  • Menguasai dasar-dasar dan aplikasi IPTEK yang menunjang pengembangan spesialisasinya dan mampu merumuskan berbagai permasalahan seni rupa murni secara konseptual, sistematik dan metodik.
  • Memiliki kemampuan kreatif dan profesional dalam penciptaan maupun pengkajian karya seni rupa murni; serta mampu mengimplementasikan, menge lola dan menciptakan peluang bagi profesi/karya-karyanya, secara mandiri maupun bekerja sama dengan berbagai bidang/pihak lain di tengah masyarakat nasional maupun internasional, dalam rangka mengantisipasi globalisasi.
  • Memiliki profesi sebagai praktisi bidang seni rupa lainnya yang masih satu alur dengan majornya sesuai dengan orientasi studinya sehingga menjadi sinergi dengan kemampuannya.

Tujuan pendidikan Program Studi Seni Murni adalah menghasilkan lulusan yang mampu menghayati dan mengenalkan nilai-nilai budaya nasional serta mampu menanggapi gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan erat dengan bidang yang dipelajari, untuk pengembangan kepribadian dan wawasannya.   Menguasai dasar-dasar ilmiah dan mampu menelaah serta memecahkan permasalahan-permasalahan bidang seni rupa pada umumnya serta bidang keahlian pada khususnya.  Mampu menciptakan dan mengembangkan karya seni rupa dalam berinteraksi dengan perkembangan ilmu dan  teknologi.  Mampu mengembangkan serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan bidang seni rupa murni untuk kepentingan masyarkat. Jurusan Seni Murni penyelenggarakan program studi Lukis, Patung & Grafis.

Bidang Keahlian

  • Seni Lukis
  • Seni Patung
  • Seni Grafis

Ketua  Jurusan Seni Murni  Wiwik Sri Wulandari, M.Sn. Sekretaris  Warsono, S.Sn., M.A

Dosen

[wpcol_1half id=”” class=”” style=””]Drs. Agus Kamal
Agus Yulianto, S.Sn.
Amir Hamzah, S.Sn., MA.
Deni Junaidi, S.Sn.
Drs. Effendi
I Gede Arya Sucitra, S.Sn.
Ichwan Noor, S.Sn.
Lutse Lambert Daniel Merin, S.Sn.
Mikke Susanto, S.Sn.
Muh.  Rain Rosidi, S.Sn.
Nadiyah Tunnikmah, S.Sn.
Setyo Priyo Nugroho, S.Sn.
Drs. Soehadi
Drs. Soewardi
Drs. Sudarisman
Sumaryanto Nurjoko, S.Sn.
Drs. Titoes Libert, M.Sn.
Drs. Wardoyo Sugianto
Warsono, S.Sn.
Wiyono, S.Sn.[/wpcol_1half] [wpcol_1half_end id=”” class=”” style=””]Drs. Anusapati, MFA.
Drs. AB. Dwiantoro, MS.
Dra. Nunung Nurjanti, M.Hum.
Drs. Andang Suprihadi P., MS.
Drs. Budiharjo Wirdjodirjo, MS.
Drs. Suwarno Wisetrotomo, M.Hum.
Drs. AG. Hartono, MS.
Drs. Subroto, M.Hum.
Drs. Syafruddin, M.Hum.
Drs. Dendi Suwandi, MS.
Drs. Edi Sunaryo, MS.
Drs. Pracoyo, M.Hum.
Drs. Ign. Hening Swasono PH, M.Sn.
Wiwik Sri Wulandari, M.Sn.
Bambang Witjaksono, M.Sn.
Yoga Budi Wantara, S.Sn.
Albertus Charles Andre Tanama, S.Sn.
Drs. Eko Sunarto
Drs. M. Dwi Marianto, MFA., Ph.D.
Dr. Drs. M. Agus Burhan, M.Hum.[/wpcol_1half_end]
Share

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.