0274 - 379133, 373659

Program Studi Desain Produk

[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]Program Studi Desain Produk

Ketua Program Studi                  : Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn.
Sekretaris Program Studi          : Dra. RAMM Pandansari Kusumo, M.Sn.

Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn.

Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn.

Dra. RAMM Pandansari Kusumo, M.Sn.

Dra. RAMM Pandansari Kusumo, M.Sn.

 

 

 

 

 

 

 

DASAR PENDIRIAN PRODI
Dasar Pendirian Program Studi Desain Produk adalah Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 47/M/KP/III/2015 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Desain Produk Program Sarjana pada ISI Yogyakarta

TUJUAN PENDIRIAN PRODI

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap profesional dan etika yang tinggi serta berdaya saing dalam berkarya dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapt berorientasi pada jiwa kewirausahaan dan etika bisnis desain industri dari berbagai pilihan peminatan/spesialisasi masing-masing.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan ahli dalam mendesain : tranportasi, meubel, maritim, kriya modern, elektronik dan fashion secara baik dan benar.
  4. Meningkatkan kemampuan staf pengajar dan mahasiswa dalam menghasilkan karya-karya desain produk dan penelitian yang berkualitas.
  5. Meningkatkan peran lembaga di masyarakat dalam memberikan informasi dan solusi terhadap berbagai persoalan di bidang desain produk.

VISI

menjadi lembaga pendidikan tinggi bidang desain produk yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan karya yang berstandar internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang desain produk yang selaras dengan perkembangan teknologi dan budaya dan menyiapkan lulusan bidang desain produk yang mampu memahai, menganalisis dan memecahkan persoalan-persoalan desain produk secara sistematik dan kontekstual, serta secara cerdas menerapkan konsep-konsep seni ke dalam karya desain produk.
  2. Mengembangkan Industri Desain Produk kepada masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan pemerintah dan industri baik dalam maupun luar negeri.

KURIKULUM

Desain produk adalah sebuah bidang kajian yang mempelajari perancangan/desain benda-benda pakai yang bersifat fisik dan diproduksi secara industri. Ruang lingkup keahliannya cukup luas dari mulai benda fungsional yang sederhana seperti alat-alat rumah tangga, mainan anak-anak, mebel, sampai dengan peralatan modern yang kompleks dan memiliki teknologi tinggi. Lulusan Program Studi S-1 Desain Produk ISI Yogyakarta adalah sarjana yang memiliki kemampuan berfikir ilmiah, kritis, kreatif, dan inovatif, yang tidak saja menjadi seorang problem solver tetapi sebagai creator of needs,  menciptakan produk baru yang kemudian menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Sarjana Desain Produk dapat bekerja dan berkarir di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta (nasional dan multinasional/luar negeri): Desain Produk Profesional, yaitu desainer yang berkerja di industri berskala pabrikan/manufaktur, yang memiliki kemampuan di bidang olah matrial, teknik, dan proses produksi desain, yaitu sebagai pembuat model (model-maker) dan/atau pengolah materi presentasi digital (digital drawing and modelling). Desain Kemasan (Packaging), yaitu orang yang memiliki kamampuan komunikasi dalam bentul visual yang beekerja untuk memasarkan suatu produk industri melalui desain kemasannya. Konsultan Desain, yang bekerja sebagai partner industri karena kemamuan analisis yang dimiliki terhadap suatu produk di suatu daerah. Penelitian di bidang Desain Produk, ilmuwan desain produk, dan/atau akademisi (dosen, pembimbing/pelatih) di Institusi Pendidikan (Perguruan Tinggi, Sekolah, Balai Pelatihan, dsb) dan diberbagai lembaga penelitian mandiri maupun lembaga penelitian dalam perusahaan/industri.

Secara khusus, Sarjana Desain Produk Industri dapat bekerja dan berkarir di perusahaan/industri produk elektronik, produk rumah tangga dan sanitary, produk mainan dan hiburan, produk alat kesehatan dan alat peraga pendidikan, manufaktur (pabrik, bengkel-karoseri), produk militer, produk kerajinan/industri craft, produk furnitur dan outdoor equipment furniture, produk interior dan eksterior, produk transportasi, otomotif dan karoseri, produk fashion (tas, sepatu, perhiasan, dan aksesoris), produk alat telekomunikasi, produk perdagangan (trading), perusahaan penghubung antar store yang menjembatani produsen, konsumen dan suppliernya (pabrik), konsultan desain, dan industri perfilman, televisi, penyiar, fotografi dan produksi video.

TENAGA PENGAJAR

Tenaga pengajar yang menampu Program Studi Desain Produk FSR ISI Yogyakarta terdiri dari Dosen Tetap dan Dosen TPLB (Tenaga Pengajar Luar Biasa). Kualifikasi pendidikan dari para staff pengajar adalah jurusan Desain Komunikais Visual, dan Jurusan Kriya.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.