0274 - 379133, 373659

Doktor Penciptaan & Pengkajian Seni

Program Doktor ISI Yogyakarta diselenggarakan berdasarkan Surat Izin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas 1881/D/T/2006, tanggal 12 April 2006. Program studi dengan nama Program Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni ini memiliki dua minat studi, yaitu Minat Studi Penciptaan Seni dan Minat Stgudi Pengkajian Seni.

Pendidikan Program Doktor ISI Yogyakarta secara terstruktur dirancang untuk mengembangkan konsep-konsep bidang penciptaan dan pengkajian, agar mampu menerjemahkannya ke dalam karya seni dan riset-riset terapan guna menjawab tantangan persaingan yang kompleks di masa depan.

Melalui program terarah maka mahasiswa kandidat Doktor (Promovendus)akan mewakili wawasan yang komprehensif tentang kekaryaan dan metodologi dalam seni. Sehingga mampu mengembangkan konsep penciptaan dan pengkajian seni yang baru dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner berdasarkan kultur nasional dan internasional

Lokasi dan Fasilitas

Kampus pascasarjana ISI Yogyakarta terletak di Jalan Suryodiningratan No 8, Yogyakarta, Oleh karenanya biasa disebut Kampus Surya, Kampus ini berada di atas tanah seluas +  10.000 m2. Letaknya sangat strategis karena berada didalam kota, namun tidak terlalu bising dan bahkan relatif tenang, sejuk, serta nyaman untuk kegiatan belajar-mengajar. Kampus Surya yang indah dan tenang itu diharapkan dapat membina kreatifitas, memunculkan karya-karya besar dan berkualitas.

Sebagian besar studio-studio praktik seni pertunjukan, seni rupa, maupun seni media rekam, ada masing-masing fakultas, namun demi kepraktisan dan untuk membentuk suasana akademik yang kondusif, beberapa studio kecil ada di kampus Surya; misalnya studio seni lukis, seni patung, kriya kayu, kriya keramik, seni tari, dan seni musik. Semakin bertambahnya jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun , saat ini diupayakan penambahan beberapa studio kecil, antara lain untuk desain komunikasi visual, tekstil , dan fotografi.

Perpustakaan Pusat ISI Yogyakarta, namun buku-buku yang langsung diperlukan oleh mahasiswa disediakan di Perpustakaan Program Pascasarjana. Selain itu sejak 2005 Program Pascasarjana ISI Yogyakarta menerbitkan jurnal ilmiah bernama Surya Seni. Jurnal ini terbit setiap semester yang menyajikan ringkasan tesis mahasiswa S2 dan Karya tulis Ilmiah lainnya tentang penciptaan dan pengkajian seni.

Mulai tahun 2009 guna menunjang pendaftaran mahasiswa baru dan administrasi akademik telah disosialisasikan program komputerisasi dan pemberdayaan website, serta fasilitas hotspot. Pada tahun ini sebagian besar ruang kuliah dilengkapi AC.

Visi

Pada tahun 2020 Program Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni ISI Yogyakarta menjadi pusat penciptaan dan pengkajian seni kretif dan inovatif yang tangggap dan mampu memecahkan permasalahan zaman

Misi

  1. Minat Studi Penciptaan Seni, memberi tekanan yang lebih besar pada aspek berfikir yang bersifat lateral, integratif dan sintetik, inklusif untuk menciptakan karya seni yang menawarkan ide dan bentuk baru yang bersifat kekinian dan multi dimensional.
  2. Minat Studi Pengkajian Seni, memberi tekanan yang lebih besar pada aspek berfikir yang analitis, linier, reduktif, dan yang mengabstraksi untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan seni masa kini dengan pendekatan baru/multi disiplin.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang:

  1. Memiliki sikap kritis dan kepribadian kuat dalam mengapresiasi dan memanfaatkan kekayaan nilai budaya bangsa indonesia yang majemuk maupun dalam menghadapi tantangan budaya masa kini.
  2. Memiliki keterbukaan, wawasan luas, dan pandangan multidimensional dalam mencipta dan mengkaji seni.
  3. Mampu memproduksi karya seni yang monumental atau karya ilmiah secara kreatif atau inovatif
  4. Mampu mengaktualisasikan diri melalui karya seni atau karya ilmiah sebagai kontribusi sosial budaya  bagi masyarakat luas.
  5. Mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang doktor bidang seni melalui karya seni  atau karya tulis yang berkualitas kepada masyarakat.

Kurikulum

Minat Studi PENCIPTAAN SENI  ( 40 – 44 sks):

  • Karya Seni dan Naskah Akademik  (24 sks)
  • Proposal & Bimbingan Karya Seni 8 sks
  • Mk. Penunjang Karya Seni /Disertasi(PKD) 4 sks
  • Seminar & Penilaian Naskah Akademik 6 sks
  • Ujian Akhir Tertutup 4 sks
  • Ujian Akhir Terbuka 2 sks

Kuliah terstruktur/Coursework  (16 sks)

  • Teori & Filsafat Seni 4 sks
  • Manajemen Seni 2 sks
  • HAKI  2 sks
  • Kapita Selekta 4 sks
  • Metodologi Penciptaan Seni 4 sks

Matakuliah tambahan (jika diperlukan) 2-4 sks (aras S2)

Minat Studi PENGKAJIAN SENI ( 40 – 44 SKS)

  • Disertasi  (24 sks)
  • Penelitian 8 sks
  • Mk. Penunjang Karya Seni/Disertasi (PKD) 4 sks
  • Seminar/Penilaian Naskah Disertasi  6 sks
  • Ujian Akhir Tertutup  4 sks
  • Ujian Akhir Terbuka 2 sks

Kuliah terstruktur/Courseworks  (16 sks)

  • Teori & Filsafat Seni 4 sks
  • Metodologi Penelitian 4 sks
  • Teori Kebudayaan 2 sks
  • Sejarah Seni 3 sks
  • Sosiologi Seni 3 sks

Matakuliah tambahan (jika diperlukan)       2-4 sks (aras S2)

 Dosen Tetap

  1. Prof Drs Soeprapto Soedjono MFA, PhD
  2. Prof Drs M. Dwi Marianto, MFA, PhD
  3. Prof Dr A.M. Hermien Kusmayati
  4. Prof Dr Y. Sumandiyo Hadi
  5. Prof Dr Victor Ganap, MEd

 

  1. Prof Drs T. Bramantyo P.S., MMus, PhD
  2. Prof Dr Hj. Yudiaryani, MA
  3. Prof. Dr Djohan, MSi
  4. Dr M. Agus Burhan, MHum
  5. Dr Timbul Raharjo, MHum
Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.