PMB 2018

ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi seni program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

  1. PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA (s1)
    Pendidikan Program S1 di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan insan-insan akademik dan praktisi yang kreatif, produktif, sebagai seniman Indonesia yang mendunia, yaitu sarjana yang memiliki kematangan jiwa dan kepribadian serta tanggap terhadap segala bentuk aspirasi masyarakat dan perkembangan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.
  2. PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA TERAPAN (D4) DAN AHLI MADYA (D3)
    Pendidikan Program Sarjana Terapan (D4) dan Program Ahli Madya (D3) di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan tenaga ahli terdidik yang siap dan matang dalam menerapkan keahlian sesuai bidang studi yang ditekuni serta mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.
  3. PENDIDIKAN PROGRAM AHLI PRATAMA (D1)
    Pendidikan Program Ahli Pratama (D1) di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan praktisi seni dan pendamping budaya. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah DIY dengan ISI Yogyakarta sebagai rintisan pendidikan vokasional di Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta (AKNSBY).
  4. PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA
    Pendidikan Program Pascasarjana di ISI Yogyakarta diselenggarakan untuk memberi peluang perluasan akses pendidikan lanjut bagi para lulusan sarjana yang akan lebih intens menekuni dibidang penciptaan dan pengkajian seni serta tata kelola seni dalam jenjang S2 dan S3. Mekanisme dan sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana diatur tersendiri oleh Program Pascasarjana.
  5. PROGRAM STUDI YANG DISELENGGARAKAN

A. FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

1. Jurusan Tari

Program Studi S1 Tari (Profil: Koreografer, Peneliti Tari, dan Penari)

Program Studi D1 Tari (Profil: Penari, Pendamping Budaya)

2. Jurusan Karawitan

Program Studi S1 Seni Karawitan (Profil: Komposer Karawitan, Peneliti Karawitan, dan Pengrawit)

Program Studi D1 Karawitan (Profil: Pengrawit, Pendamping Budaya)

3. Jurusan Musik

Program Studi S1 Musik (Profil: Musikolog dan Pengkaji Musik)

4. Jurusan Pendidikan Musik

Program Studi S1 Pendidikan Musik (Profil: Pengajar Musik, Perancang Kurikulum Musik, Instruktur/Pelatih Musik, dan Pengaransemen Musik)

5. Jurusan Penciptaan Musik

Program Studi S1 Penciptaan Musik (Profil: Komposer, Pengaransemen Musik, Kritikus Musik, dan Ilustrator Musik untuk Film dan Iklan)

6. Jurusan Penyajian Musik

Program Studi D4 Penyajian Musik (Profil: Pemain, Pengaransemen Musik, dan Penyanyi, serta Pelatih Vokal dan Instrumen Musik)

7. Jurusan Teater

Program Studi S1 Teater (Profil: Dramaturg, Sutradara, Penulis Naskah, Pemeran, dan Penata Artistik)

8. Jurusan Etnomusikologi

Program Studi S1 Etnomusikologi (Profil: Penata/Komposer, dan Peneliti Musik Etnik)

9. Jurusan Pedalangan

Program Studi S1 Seni Pedalangan (Profil: Dalang dan Peneliti Pedalangan)

10. Jurusan Seni Drama Tari dan Musik

Program Studi S1 Seni Drama Tari dan Musik (Profil: Guru Seni Budaya, Konsultan Pendidikan Seni Budaya, Instruktur/Pelatih Seni Drama, Tari, dan Musik, dan Pengelola Sanggar Seni)

B. FAKULTAS SENI RUPA

1. Jurusan Seni Murni

Program Studi S1 Seni Murni (Profil: Seniman (Pelukis, Pematung, Pegrafis, Perupa Intermedia), Peneliti, Kurator, Kritikus di bidang Seni Murni)

2. Jurusan Kriya

Program Studi S1 Kriya (Profil: Kriyawan, Desainer Kriya, Peneliti Kriya, Instruktur Kriya, Konsultan Kriya)

Program Studi D3 Batik dan Fashion (Profil: Perancang Batik dan Busana)

Program Studi D1 Kriya (Konsentrasi Kriya Kulit), Profil: Penatah, Penyungging Kerajinan Kulit, dan Pendamping Budaya

3. Jurusan Desain

Program Studi S1 Desain Interior (Profil: Desainer Interior)

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (Profil: Desainer Komunikasi Visual)

Program Studi S1 Desain Produk (Profil: Desainer Produk, Creator of needs)

4. Jurusan Tata Kelola Seni

Program Studi S1 Tata Kelola Seni (Profil: Manajer Seni, Kurator Seni (Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam))

C. FAKULTAS SENI MEDIA REKAM

1. Jurusan Fotografi

Program Studi S1 Fotografi (Profil: Fotografer dalam bidang Komersial, Jurnalistik, Ekspresi (Fotografi Seni), Peneliti, Wirausaha, dan Penyelia Foto)

2. Jurusan Televisi

Program Studi S1 Film dan Televisi (Profil: Produser (Producer) Film dan Televisi, Sutradara (Director) Film dan Televisi, Penulis Skenario Film (Scriptwriter)/Penulis Naskah Televisi, Sinematografer (Cinematographer), Videografer (Videographer), Penata Artistik (Art Director) Film dan Televisi, Penata Suara (Sound Designer), Penyunting Gambar (Editor))

Program Studi D3 Animasi (Profil: Animasi Game dan Film Animasi)

VI. SISTEM SELEKSI

Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta diselenggarakan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi Mandiri.

1. JALUR SNMPTN

Merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK yang relevan dengan program studi yang dipilih. Seleksi ini diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA/MAK yang mengikuti Ujian Nasional dan Lulus pada Tahun 2018.

Program Studi yang ditawarkan: Tari, Seni Karawitan, Musik, Penciptaan Musik, Pendidikan Musik, Teater, Etnomusikologi, Sendratasik, Seni Murni, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Film dan Televisi, dan Fotografi.

2. JALUR SBMPTN

Merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi hasil Ujian Tulis (UTBC/UTBK) dan Ujian Keterampilan calon mahasiswa.

Program Studi yang ditawarkan: Tari, Seni Karawitan, Musik, Penciptaan Musik, Pendidikan Musik, Teater, Etnomusikologi, Sendratasik, Seni Murni, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Film dan Televisi, dan Fotografi

3. JALUR MANDIRI

Merupakan seleksi terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK sederajat dan dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Yogyakarta, melalui jalur:

A. BIDIKMISI

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah RI bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi dan prestasi akademik.

Syarat dan ketentuan pendaftaran dapat dilihat di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

B. PENDIDIKAN LANJUTAN

Program ini diselenggarakan khusus guna memberi kesempatan bagi Lulusan Program Diploma D3 pada Program Studi sejenis/linier untuk studi lanjut di ISI Yogyakarta dengan syarat:

  • Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri formulir pendaftaran yang telah tersedia.
  • Melampirkan fotokopi Ijazah D3/setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Melampirkan fotokopi SK Akreditasi Program Studi asal
  • Program Studi yang ditawarkan: Kriya, Fotografi, Film dan Televisi

C. REGULER

Seleksi Jalur regular dilaksanakan untuk semua Program Studi yang ada di ISI Yogyakarta

D. JALUR KERJASAMA (PENDIDIKAN DI LUAR DOMISILI)

1. Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta

–   Memiliki KTP di wilyah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Pendidikan di luar domisili Institut Seni Indonesia Yogyakarta – Rintisan Institut Seni dan Budaya Indonesia Kalimantan Timur

–   Memiliki KTP di wilayah Propinsi Kalimantan Timur

VII. PERSYARATAN KESEHATAN

Peserta diwajibkan memiliki syarat kesehatan sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sebagaimana berikut:

  1. Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru, THT, tidak cacat fisik, gagu, gagap yang dapat mengganggu proses studi, dan khusus untuk Program Studi Tari, Teater, Sendratasik, Pedalangan disyaratkan tidak buta warna menurut Dokter spesialis
  2. Fakultas Seni Media Rekam: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi
  3. Fakultas Seni Rupa: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi

VIII. PROSEDUR PENDAFTARAN

A. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Informasi SNMPTN 2018 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, pengisian dan verifikasi PDSS, pemeringkatan, tata cara pendaftaran, dan jumlah pilihan PTN serta program studi secara rinci dapat dilihat di laman http://snmptn.ac.id

B. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

  • Informasi SBMPTN 2018 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pendaftaran, biaya seleksi dapat dilihat di laman http://sbmptn.ac.id
  • Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://sbmptn.ac.id
  • Tata cara pengisian form pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id

C. Jalur Seleksi Mandiri

KETENTUAN

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan ketentuan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta program studi secara lengkap dapat diunduh pada laman http://pmb.isi.ac.id (kolom informasi)
  2. Pendaftaran dilaksanakan dengan mengacu pada jadwal yang sudah ditentukan. Bagi peserta luar kota diberi kesempatan untuk mengirimkan berkas verifikasi dan validasi data tersebut melalui pos/jasa pengiriman dokumen, dengan ketentuan berkas tersebut sudah harus diterima panitia sesuai jadwal yang telah ditentukan. Keterlambatan pengiriman/penyampaian bukan tanggungjawab panitia dan tidak akan dilayani.

BIAYA PENDAFTARAN

  1. Biaya pendaftaran yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp 200.000,- (Dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya Pendaftaran dapat dibayarkan di semua counter Bank BNI (teller, ATM, Internet Banking) di seluruh Indonesia.
  3. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

MATERI UJIAN SELEKSI

a. FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

  1. Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Program Studi yang dipilih
  2. Wawancara

b. FAKULTAS SENI RUPA

  1. Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Program Studi yang dipilih
  2. Wawancara

c. FAKULTAS SENI MEDIA REKAM

  1. Tes Tertulis tentang Wawasan Fotografi dan Televisi
  2. Tes Keterampilan Program Studi D3 Animasi
  3. Tes Wawancara dengan membawa portofolio/hasil karya sesuai Program Studi yang dipilih (Fotografi/Film dan Televisi/Animasi)

TEMPAT UJIAN SELEKSI

Tempat penyelenggaraan ujian seleksi di masing-masing Program Studi sesuai jadwal dan kapasitas ruangan.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI UNTUK JALUR MANDIRI

Hasil ujian seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2018/2019 akan diumumkan di laman http://pmb.isi.ac.id kolom Pengumuman, http://isi.ac.id dan melalui salah satu media cetak terbitan Yogyakarta.

IX. BEASISWA

Beasiswa yang tersedia di ISI Yogyakarta meliputi: BIDIKMISI, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Supersemar, Beasiswa Pemprov DKI, Beasiswa Pemprov Kaltim, Beasiswa Pemprov DIY, Beasiswa PT Djarum.

TABEL JADWAL PMB ISI YOGYAKARTA TA 2018/2019

Panitia PMB ISI Yogyakarta

Tahun Akademik 2018/2019

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.