ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi seni program Diploma dan Sarjana.

SISTEM SELEKSI

I. SELEKSI MANDIRI ISI YOGYAKARTA

Seleksi ini terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK sederajat dan dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Yogyakarta, melalui:

A.  JALUR UMUM/REGULER

Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta diselenggarakan secara mandiri, diluar SNMPTN maupun SBMPTN, dan terbuka bagi lulusan SMA/SMK/sederajat dengan melalui tes ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru.

B. JALUR KHUSUS

  1. Pendidikan Lanjutan
    Seleksi Jalur Pendidikan Lanjutan hanya dilaksanakan pada Gelombang II. Program ini diselenggarakan khusus guna memberi kesempatan bagi Lulusan Program Diploma D3 pada Program Studi sejenis/linier untuk studi lanjut di ISI Yogyakarta dengan syarat:

    • Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri formulir pendaftaran yang telah tersedia.
    • Melampirkan fotokopi Ijazah D3/setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
    • Melampirkan fotokopi SK Akreditasi Program Studi asal, yang telah dilegalisasi
    • Program Studi yang ditawarkan: Kriya Seni, Fotografi, dan Televisi,

C. JALUR NON REGULER

  • Seleksi Jalur Non Reguler hanya dilaksanakan pada gelombang II dengan prosedur yang sama dengan Seleksi Jalur Reguler.
  • Khusus dibuka untuk Program Studi: Desain Komunikasi Visual, Desain Interior (Fakultas Seni Rupa) dan Televisi serta Fotografi (Fakultas Seni Media Rekam)
  • Merupakan kelas khusus (Pararel) dari kelas reguler yang telah ada.
  • Harus melampirkan Ijasah dan SKHUN terbaru yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.

C. KETENTUAN UMUM

  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2016 dan sebelumnya harus memiliki ijazah dan SKHUN, dan bagi lulusan Paket C memiliki ijasah dan nilai hasil ujian.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  3. Mengikuti placement tes dan wawancara sesuai program studi yang dipilih

D. KETENTUAN KHUSUS

Selain persyaratan-persyaratan di atas, calon diwajibkan pula memiliki kesehatan sesuai dengan program studi yang dipilih sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran yaitu:

  1. Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru dan THT
  2. Semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Pendidikan Musik, Penciptaan Musik, Penyajian Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi : tidak buta warna menurut Dokter spesialis
  3. Semua program studi di Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam : tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi

G. PROSEDUR PENDAFTARAN

PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN

1. PENDAFTARAN ONLINE
 

Silahkan melakukan pendaftaran online di laman:

http://pmb.isi.ac.id

Sebelum melakukan pendaftaran:

1. Unduh dan pelajari terlebih dahulu Panduan Seleksi PMB Gel 2 TA 2017/2018 (sesuai jalur seleksi yang dipilih), berikut ini:

  • [Download not found]
  • [Download not found]
  • [Download not found]

2. Pendaftar hanya bisa memilih 1 (satu) program studi untuk 1 (satu) jalur seleksi.

3. File scan pasfoto terbaru dengan Rasio Foto : 4 x 6, atau max resolusi 300px x 450px (background warna merah), dengan ukuran file maksimal : 200kb, Tipe file : jpg, jpeg, atau png

4. Persiapkan data diri (KTP/KK), data asal sekolah, data nomor ijasah/surat keterangan lulus, data nilai SKHUN sebagai bahan untuk pengisian formulir pendaftaran online

5. Pastikan komputer yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran sudah ter-install aplikasi untuk mencetak file pdf dan dianjurkan menggunakan browser Mozilla Firefox

6. Panduan pengisian formulir pendaftaran dapat diunduh di laman http://pmb.isi.ac.id pada kolom Informasi

B. MENCETAK KARTU TANDA PESERTA TEST, BIODATA, DAN SURAT PERNYATAAN

Setelah mengisi formulir pendaftaran online kemudian Cetak Kartu Tanda Peserta Test, Biodata Peserta, dan Surat Pernyataan masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar pada kertas ukuran A4 kuarto. Kartu Tanda Peserta Test, Biodata Peserta, dan Surat Pernyataan ditandatangani oleh peserta, masing-masing 1 (satu) lembar harus dibawa saat ujian seleksi masuk, dan satunya lagi dilampirkan bersamaan dengan berkas persyaratan yang dikirimkan kepada panitia.

C. PENGIRIMAN BERKAS PERSYARATAN

Setelah melakukan pendaftaran, peserta diwajibkan segera mengirimkan Berkas Persyaratan untuk dilakukan proses verifikasi/pengesahan pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan. Berkas persyaratan dikirimkan sesuai dengan syarat dan ketentuan berdasarkan jalur seleksi yang dipilih (syarat dan ketentuan berkas persyaratan ada di dalam panduan seleksi diatas).

Berkas Persyaratan tersebut dimasukkan ke dalam stopmap sesuai fakultas masing-masing:

  • warna merah muda untuk Fakultas Seni Pertunjukan
  • warna biru untuk Fakultas Seni Rupa
  • warna kuning untuk Fakultas Seni Media Rekam

kemudian dikirim via pos (jasa pengiriman dokumen) atau datang langsung ke alamat :

Sekretariat Panitia PMB ISI Yogyakarta
Bagian Pendidikan BAAKPSI
Gedung Rektorat Lantai 1 ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis Km. 6,5 Yogyakarta 55001
Telp. (0274) 379133, 373659

dengan ketentuan berkas tersebut sudah harus diterima panitia paling lambat:

  • Gelombang II
  1. Jalur Khusus Lanjutan, Jalur Reguler, dan Jalur Non Reguler : 12 Juli 2017 pukul 14.00 WIB

(Keterlambatan penyampaian berkas persyaratan verifikasi dan berkas yang tidak lengkap akan berakibat dinyatakan GAGAL VERIFIKASI sehingga tidak dapat mengikuti ujian seleksi)

D. UJIAN SELEKSI

Peserta yang telah dinyatakan Lolos Verifikasi dapat mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal yang telah ditentukan

a. Jalur Khusus Lanjutan, Jalur Reguler, dan Jalur Non Reguler :

  • Pelaksanaan Praktek Ketrampilan dan Wawancara (sesuai pembagian jadwal dan sesi di program studi masing-masing) :
  1. Fakultas Seni Pertunjukan : 18, 19, dan 20 Juli 2017
  2. Fakultas Seni Rupa : 18 Juli 2017
  3. Fakultas Seni Media Rekam : 18 dan 19 Juli 2017
  • Tempat penyelenggaraan ujian seleksi di masing-masing program studi sesuai jadwal dan kapasitas ruangan.
  • Peserta diharapkan mengecek ruangan/tempat test satu hari sebelum pelaksanaan test.
  • Test dimulai pukul 08.00 WIB dan peserta dimohon hadir 30 menit sebelum test dimulai
  • Peserta wajib membawa Kartu Tanda Peserta Test

F. PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI.

  • Hasil Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 akan diumumkan di laman http://pmb.isi.ac.id pada kolom Pengumuman, https://isi.ac.id, dan melalui media cetak terbitan Yogyakarta
  • Waspada upaya penipuan mengatasnamakan Panitia PMB.
    Panitia tidak menghubungi secara personal/lewat telepon kepada seluruh pendaftar/calon mahasiswa.

G. BIAYA KULIAH

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi Nomor: 39 Tahun 2016 perihal Uang Kuliah Tunggal, maka biaya yang wajib dibayarkan bagi Mahasiswa yang dinyatakan diterima pada saat Registrasi, adalah antara Rp 500.000,- sampai dengan Rp 3.500.000,- (khusus mahasiswa asing Rp 8.000.000,-).

H. LAIN-LAIN

Silahkan unduh file penunjang berikut ini:



35 Comments

  • Khakim

    Mohon maaf, apakah kuota untuk prodi fotografi, televisi, dan DKV sudah terpenuhi? Terima kasih.

    • hoho

      Untuk program studi DKV, Fotografi, dan Televisi di Gelombang II hanya menerima pendaftaran di Jalur Non Reguler saja.

      Terima kasih.

  • Mulyanti

    Untuk jalur non regueler pakai sistem UKT juga seperti reguler atau tidak?

    • hoho

      Untuk jalur Non Reguler dikenakan biaya UKT sebesar Rp. 3.500.000,-
      Terima Kasih.

      • kok di kode boking.
        pendaftaran dikenakan biaya Rp. 3.500.000,-
        tapi di panduan non reguler bilangnya pendaftaran Rp. 200.00,-
        bukan nya pendaftaran hanya 200 ribu
        terima kasih

        • hoho

          Untuk biaya pendaftaran yang benar adalah sebesar Rp. 200.000,- Kami mohon maaf atas kekeliruan di print out booking pembayaran. Silahkan segera melakukan pembayaran di semua counter bank BNI dengan nominal pembayaran sebesar Rp. 200.000,-
          Terima kasih.

  • Nurul

    Selamat siang..
    Saya peserta ISI gelombang I yang dinyatakan tidak lulus. Apa saya masih boleh mencoba lagi untuk yang gelombang II?

    Terima kasih

    • hoho

      Boleh, silahkan booking terlebih dahulu di laman http://pmb.isi.ac.id kemudian pilih jalur dan program studi yang diinginkan.
      Sebelum mendaftar, Unduh dan pelajari terlebih dahulu Panduan Seleksi PMB Gel 2 TA 2017/2018 (sesuai jalur seleksi yang dipilih) pada kolom Informasi.
      Terima kasih.

  • apakah gelombang II bisa ambil jurusn televisi/film

  • DONY

    Saya ingin mendaftar di ISI jurusan DKV. Apakah di gelombang II ini tidak ada jalur untuk bidikmisi? Saya mengikuti SBMPTN ISI namun tidak lolos.

    • hoho

      Untuk Gelombang II Program Studi DKV hanya membuka pendaftaran melalui Jalur Non Reguler saja.
      Terima kasih.

  • Lufi

    Bagi yang gagal digelombang I dan ingin melanjutkan ke gelombang II, apa hanya membawa
    1) 2 lembar kartu tanda peserta test, biodata, dan surat pernyataan
    2) Fotocopy bukti pembayaran
    Soalnya berkas gelombang I kan sama dengan gelombang II, dan masih ada di ISI Yogya

    Terima kasih

    • hoho

      Apabila saudara sudah pernah mendaftar di gelombang I, berkas-berkas yang sudah pernah saudara kirimkan bisa diambil kembali di Sekretariat PMB ISI Yogyakarta dengan menunjukkan bukti Kartu Tanda Peserta Test Gelombang I. Kemudian silahkan mendaftar kembali di Gelombang II sesuai persyaratn dan ketentuan yang berlaku.

      Terima kasih.

  • Aldi

    Selamat siang menjelang sore, untuk desain interior di gel. II ini bisa lewat reguler?, Dan juga apakah tes untuk desain interior boleh memakai penggaris?, Terimakasih sebelumnya

    • hoho

      Untuk Gelombang II Program Studi Desain Interior hanya membuka pendaftaran melalui Jalur Non Reguler saja.
      Terima kasih.

  • Aldi

    selamat sore
    untuk desain interior bisa lewat jalur reguler?

    terimakasih sebelumnya

    • hoho

      Untuk Gelombang II Program Studi Desain Interior hanya membuka pendaftaran melalui Jalur Non Reguler saja.
      Terima kasih.

  • putra

    Untuk jalur non reguler biaya pendaftaran 200rb / 3.5j? Karna terteranya 3.5jt

    • hoho

      Untuk biaya pendaftaran yang benar adalah sebesar Rp. 200.000,- Kami mohon maaf atas kekeliruan di print out booking pembayaran. Silahkan segera melakukan pembayaran di semua counter bank BNI dengan nominal pembayaran sebesar Rp. 200.000,-
      Terima kasih.

  • DONY

    Saya peserta bidikmisi yang tidak lolos mengikuti SBMPTN. Saya ingin mengikuti jalur Non Reguler untuk jurusan DKV. Apakah di Gelombang 2 ini tidak ada jalur untuk bidik misi? Terima Kasih.

    • hoho

      Untuk Gelombang II Program Studi DKV hanya membuka pendaftaran melalui Jalur Non Reguler saja.
      Terima kasih.

  • Fendi

    Kenapa waktu saya boking pendaftaran tertulis harga pendaftarannya rp.3,5jt?
    Terima kasih

    • hoho

      Untuk biaya pendaftaran yang benar adalah sebesar Rp. 200.000,- Kami mohon maaf atas kekeliruan di print out booking pembayaran. Silahkan segera melakukan pembayaran di semua counter bank BNI dengan nominal pembayaran sebesar Rp. 200.000,-
      Terima kasih.

  • selamat siang. mas saya dari calon mahasiswa dari jambi. saya mau mendaftar jalur non reguler. kok saya udah boking biaya pendaftaranya Rp. 3.500.000,- yang saya lihat di panduaan masuk jalur non reguler . biaya pendaftaranya hanya rp. 200.000 saja mas. itu gimana ya mas. mohon penjelasanya ?? yang saya baca reguler sama non reguler. yang di bedakan hanya uang UKT aja. tapi kok ini biaya pendaftaranya sampai seperti baiaya UKT mohon penjelasanya ?? terima kasih.

    • hoho

      Untuk biaya pendaftaran yang benar adalah sebesar Rp. 200.000,- Kami mohon maaf atas kekeliruan di print out booking pembayaran. Silahkan segera melakukan pembayaran di semua counter bank BNI dengan nominal pembayaran sebesar Rp. 200.000,-
      Terima kasih.

  • jesse

    selamat sore, saya ingin tanya kalau ijasah dari sekolah saya belum keluar, bagaimana cara saya melanjutkan pendaftaran?

    • hoho

      Silahkan menggunakan Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir Kepala Sekolah dengan disertai Nilai Ujian Nasional atau SKHU Sementara.

      Terima kasih.

  • putra

    pada saat akan membayar di atm bni kok tidam ada nama universitas ya? Apa sedang eror atau gmana min? Saya menggunakan atm bersama.

  • saya isi pendaftaran tadi.
    gimana kalau ibu saya tidak berkerja. di pendaftaran tidak ada pilihan untuk berkerja. itu gimana saya mau lanjutin pengisian pendaftaran ??
    terima kasih

  • Jesse

    Berkas persyaratan yang harus dikirim lebih spesifiknya apa saja yaa?

  • punya saya kirim lewat pos. udah sampai. dari tanggal 23-06-2017
    kok belum di VERIFIKASI ya. ????

  • DONY

    Saat mau mencetak kartu pendaftaran, tiba – tiba download failed, dan tidak bisa klik link download lagi. Mohon bantuannya.

  • Nurul

    Selamat malam
    Apa verifikasi berkas belum bisa d lihat ya? Saya udah seminggu lebih mengirim berkas tapi belum ada pengumuman seleksi berkas

Comments are closed.