0274 - 379133, 373659

PAMERAN SENI MEDIA REKAM JALAN MENUJU MEDIA KREATIF #8 “Pameran Melepas Purnatugas Risman Marah” Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta

Pameran Seni Media Rekam “Jalan Menuju Media Kreatif” merupakan program tahunan yang diselenggarakan Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta sejak tahun 2009 dan diikuti oleh mahasiswa dan staf pengajar Program Studi S-1 Fotografi, Program Studi S-1 Televisi, dan Program Studi D-3 Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta. Pameran ini didedikasikan kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap eksistensi dan pengembangan keilmuan bidang seni media rekam khususnya fotografi, program televisi, film, animasi, dan game serta sebagai indikator kualitas belajar mengajar di FSMR, ISI Yogyakarta.
Drs. H. Surisman Marah, M.Sn. atau lebih dikenal dengan Risman Marah merupakan salah satu pendiri FSMR, ISI Yogyakarta sekaligus Dekan pertama di fakultas tersebut. Tahun 2016 ini merupakan tahun purnatugas dan pengabdian terakhir Risman Marah kepada pemerintah Republik Indonesia melalui ISI Yogyakarta dan secara khusus kepada Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, yang selama sekian puluh tahun tetap konsisten dan mencurahkan seluruh perhatiannya terhadap kemajuan bidang fotografi. Sebagai bentuk penghargaan sekaligus buah konsistensi dan jasa-jasa beliau, FSMR memberikan kehormatan kepada Risman Marah untuk mempersembahkan kepada publik jejak perjalanan karya-karya beliau dalam bentuk pameran fotografi. Oleh karena itu, pameran tahunan seni media rekam “Jalan Menuju Media Kreatif” #8 tahun 2016 ini secara khusus menyajikan tema “Pameran Melepas Purnatugas Risman Marah”.
Pemilihan waktu pelaksanaan bulan Oktober sekaligus bertepatan dengan ulang tahun ke-23 FSMR, ISI Yogyakarta. Selain karya-karya fotografi Risman Marah, pameran juga menampilkan karya fotografi, program televisi, video-art, film dokumenter, film cerita, film animasi dan game mahasiswa dan dosen dilingkungan FSMR, ISI Yogyakarta serta karya-karya tamu yang setiap tahun selalu diundang berpartisipasi dari berbagai perguruan tinggi seni dengan program studi bidang media rekam yang tergabung dalam BKS-PTSI (Badan Koordinasi Seni Perguruan Tinggi Seni Indonesia), para kolega profesional FSMR, dan peserta tamu dari perguruan tinggi sejenis di luar negeri yang menjalin kerjasama dengan FSMR, ISI Yogyakarta seperti Universiti Teknologi Mara UiTM Malaysia, VCA – University of Melbourne, Canberra Institute of Technology dan Eszterhazy Karoly University di Hungaria.
Tujuan dari pameran ini adalah (1) memberikan penghormatan dan apresiasi kepada Risman Marah atas jasa-jasa dan konsistensi terhadap negara melalui ISI Yogyakarta dan FSMR dalam bidang fotografi; (2) menjadi sarana eksistensi dan pengembangan keilmuan bidang media rekam khususnya fotografi, program televisi, film, animasi, dan game di FSMR, ISI Yogyakarta; (3) mengembangkan sikap kreatif dalam rangka menggali jati diri bangsa melalui media fotografi, program televisi, video-art, film, animasi, dangame; (4) menunjukkan jati diri bangsa melalui representasi objek fotografi, program televisi, video-art, film, animasi dan game; dan (5) memberi sumbangsih terhadap kemajuan bidang fotografi, program televisi, video-art, film, animasi, dan game di Indonesia.
Karya-karya fotografi Risman Marah dikuratori oleh Prof. Drs. Soeprapto Soedjono, MFA., Ph.D. bersama Dr. Soewarno Wisetrotomo, M.Hum., sedangkan karya-karya fotografi, film, televisi, video-arts, animasi dan game dari lingkungan FSMR ISI Yogyakarta dikuratori oleh Dr. Irwandi, M.Sn., Lilik Kustanto, S.Sn., M.A. dan Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T. Jumlah karya yang ditampilkan sebanyak 40 karya fotografi Risman Marah, 88 karya fotografi tamu dari perguruan tinggi sahabat dalam negeri serta para fotografer profesional, 8 karya fotografi tamu dari perguruan tinggi sahabat di luar negeri, 31 karya film, program televisi dan video-arts dari lingkungan FSMR ISI Yogyakarta, 20 karya film, program televisi, video-arts tamu dari perguruan tinggi sahabat, 16 karya animasi dan game dari lingkungan FSMR ISI Yogyakarta serta 5 karya animasi dari perguruan tinggi sahabat di luar negeri.
Pameran akan berlangsung pada tanggal 23 Oktober 2016 sampai dengan 27 Oktober 2016 pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB setiap harinya, bertempat di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan No. 7, Alun-Alun Utara Yogyakarta. Pembukaan pameran dilaksanakan pada hari Minggu 23 Oktober 2016 pukul 18.300 yang akan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubenur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X. Sebagai bagian dari program pameran, akan dilaksanakan sarasehan seni pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 pukul 15.30 WIB di Jogja Gallery dengan pembicara Drs. H. Surisman Marah, M.Sn. dan Drs. Alexandri Luthfi R., M.S.

 

Share Button

Leave a Reply

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.