Menristekdikti bersama Gubernur DIY meresmikan Gedung Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meresmikan Gedung Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta pada Sabtu, 2 Februari 2019, di Jl. Parangtritis, Sewon, Kabupaten Bantul. Peresmian ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta antara Menristekdikti dan Gubernur DIY.

Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta menyelenggarakan Pendidikan Di Luar Domisili (PDD) dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta untuk program studi Karawitan, Kriya, dan Tari. “Selama ini pendidikan vokasi setelah SMK adalah pendidikan vokasi jenjang Diploma III. Ada gap yang lebar antara pendidikan SMK dengan pendidikan Diploma III. Untuk menutup gap tersebut maka dibentuklah pendidikan vokasi Diploma I dan Diploma II. Perguruan tinggi yang mendidik Diploma I dan Diploma II itu Akademi Komunitas ini,” ungkap Menristekdikti. Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta diharapkan dapat menerima lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk lebih cepat bekerja di bidang seni.

Acara  ini dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Ali Ghufron, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Bambang Supriyadi dan Rektor ISI Yogyakarta Muhammad Agus Burhan. Turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY Yoeke Indra Agung, Sekretaris DIY Gatot Saptadi, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY R. Kadarmanta Baskara Aji,  Bupati Kabupaten Bantul Suharsono, Bupati Kabupaten Kulon Progo Hasto Wardoyo, Bupati Kabupaten Sleman Sri Purnomo, dan  Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Peresmian AKNSBY oleh Gubernur DIY

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.