“In Flux” – Pameran Seni Rupa

Pameran diselenggarakan 17 – 21 November 2011 di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan 7, Alun-Alun Utara Yogyakarta. Pembukaan pemeran Kamis, 17 November 2011, pukul 19.30 WIB. oleh Tisna Sanjaya (seniman).

Karya-karya yang dipamerkan merupakan karya mahasiswa dan komunitas mahasiswa di FSR ISI Yogyakarta, dan beberapa karya koleksi Jurusan/Program Studi.

Diksi Flux/Flaks/-n  dalam kamus “The New Oxford American Dictionary” berarti: 1) The action or process of flowing or flowing out, 2) Continuous Change. Dapat kiranya dengan bebas diterjemahkan, yaitu sebuah aksi atau proses yang mengalir; “flux” juga bermakna sebuah perubahan berlanjut. Dalam bahasa Latin disebut fluxus, dari kata fluere yang artinya “to flow”, atau “mengalir”.

Pameran ini sengaja mengambil diksi berbahasa Inggris, dengan maksud menjadi sebuah pesan universal. Selain itu, dengan menilik dan mempertimbangkan arti etimologisnya, maka “flux” dapat dipakai untuk menandai semangat berkarya mahasiwa FSR ISI Yogyakarta –  yang pada praktiknya mereka menjalankan kreativitasnya dengan mengalir, saling menyerap dan memengaruhi. Inilah satu karakter dari lembaga pendidikan tinggi seni FSR ISI Yogyakarta, bahwa  didalam tubuh FSR yang mengandung tiga Jurusan: Kriya, Desain dan Seni Murni, sesungguhnya berasal dari satu muara, di mana masing-masing  program studi mengalir dengan karakternya masing-masing.

Kata ‘flux’ dalam sejarah seni tidak asing lagi. Imej kata itu melekat pada gerakan Fluxus di Eropa silam. Sebuah momen kreativitas yang mengutamakan permainan, eksperimen dan uji-joba. Gerakan itu memiliki semangat untuk terus menciptakan kode-kode estetik dan pemikiran baru. Dan pengaruh gerakan itu menghasilkan berbagai berbagai kode-kode estetik baru, baik dalam seni murni dan terapan.

Meminjam semangat kaum Fluxus, maka semangat seperti  itu bisa menggambarkan jiwa mahasiswa seni rupa yang ingin selalu menghasilkan karya yang segar, memiliki kualitas eksperimen tinggi, menerobos sekat-sekat. “In flux”, yang kemudian berarti “dalam sesuatu yang mengalir; tumbuh, berkembang’, apa saja yang bisa audiens lihat? Inilah yang akan disajikan dalam pameran mahasiwa FSR ISI Yogyakarta “in flux”.

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.