0274 - 379133, 373659

Doktor Baru FSMR

Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta boleh berbangga hati karena menambah satu lagi dosen dengan gelar doktor. Doktor Irwandi adalah doktor pertama di bidang fotografi potret. Dr. Irwandi, M.Sn. dalam Ujian terbuka  yang diselenggarakan pada 1 Juni 2016 pukul 15.30 WIB di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang dipromotori oleh Dr. G.R. Lano Lastoro Simatupang, M.A. dan Co Promotor Prof. Drs. Soeprapto Soedjono,M.F.A., Ph.D dihadapan Tim Penguji Prof. Dr. R.M. Soedarsono, Prof. SP. Gustami, S.U., Kurniawan Adi Saputro, M.A., Ph.D., Dr. Christian Budiman, M.Hum., Dr. Wening Udasmoro, M.Hum, DEA., dan Dr. Wiwik Sushartami, M.A. berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Retorika Fotografis Remaja Putri dalam Praktik Studio Potret di Yogyakarta” dengan predikat sangat memuaskan dengan demikian beliau berhak menyandang gelar Doktor.
Disertasi yang beliau lakukan dilatarbelakangi keinginan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana karya fotografi khususnya fotografi potret digunakan sebagai media persuasi oleh pihak-pihak yang terlibat didalam praktiknya. Penghadiran karya foto potret yang dibuat di studio foto melibatkan sejumlah hal yang turut mempengaruhi wujud karya dan pesan didalamnya. Untuk itu, studi ini merupakan upaya membaca retorika fotografis yang tampak pada karya foto potret dengan mempertimbangkan kreasi artistik, peran peduduk, fotografer, dan desainer foto sebagai upaya sinergis.

Share Button

Alamat

Rektorat / Kantor Pusat
Jl. Parangtritis Km. 6.5 Sewon
Bantul Yogyakarta 55188 Indonesia
Telp 0274-379133, 373659
Fax 0274-371233
E-mail arts@isi.ac.id
S 07° 51.087´ E 110° 21.459´
Facebook Page



ISI Jogja atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang berdiri sejak 23 Juli 1984 adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni dengan status negeri penuh di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI Jogja menyelenggarakan pendidikan S1, S2 hingga S3 dengan berbagai bidang seni terlengkap & terbaik di Indonesia.